Sukses

Olahraga yang Tepat Selama Puasa

Ingin tetap sehat dan bugar selama berpuasa? Berolahragalah secara rutin dan teratur. Ini tipsnya.

Klikdokter.com, Jakarta Berpuasa bukanlah suatu halangan untuk tetap aktif berolahraga. Ya, aktivitas positif ini masih tetap bisa Anda lakukan selagi menahan haus dan lapar dari fajar hingga senja tiba.

Terkait olahraga saat puasa, beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas tersebut mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Jumlah kolesterol HDL yang tinggi dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Waktu Berolahraga saat Puasa

Agar olahraga selama puasa membawa manfaat sehat, Anda dapat melakukannya 60 menit menjelang waktu berbuka tiba. Hal ini bertujuan agar kehilangan energi saat berolahraga dapat segera digantikan saat beduk magrib berkumandang.

Bila waktunya tidak memungkinkan, Anda dapat berolahraga satu jam setelah berbuka puasa atau setelah salat tarawih. Jangan berolahraga segera setelah berbuka puasa, karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang baru Anda konsumsi.

Hindari pula berolahraga saat tengah hari, karena malah akan menyebabkan kelelahan dan dehidrasi. Hal ini pada akhirnya akan mengacaukan puasa, dan membuat Anda berisiko tinggi untuk jatuh sakit saat itu juga.

Jenis Olahraga saat Puasa

Anda dapat mencoba melakukan olahraga intensitas ringan–sedang, seperti berjalan, joging, naik turun tangga, yoga, berenang, dan bersepeda. Olahraga tersebut terbukti dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Hindari melakukan olahraga yang agresif dan berintensitas tinggi, apalagi di siang hari. Jika ingin melakukan olahraga berat, seperti olahraga ketahanan atau kardio intensitas tinggi, lakukan di malam hari.

Perhatikan Ini!

Jika Anda memiliki suatu kondisi medis, jangan memaksakan diri untuk berolahraga saat berpuasa. Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, untuk memastikan bahwa kondisi Anda baik-baik saja untuk berolahraga selama berpuasa.

Jika saat berolahraga Anda merasa pusing, mual, nyeri dada, keringat dingin ataupun kesulitan bernapas, segera hentikan aktivitas dan beristirahatlah. Berolahraga sejatinya bertujuan untuk menyehatkan tubuh. Jangan melebihi kemampuan Anda, karena dapat membahayakan tubuh.

Pastikan pula kebutuhan cairan per hari terpenuhi dengan baik. Segera minum air saat berbuka puasa, dan pastikan untuk selalu mengonsumsi cairan sebanyak delapan gelas per hari. Anda dapat membaginya menjadi:

  • 1 gelas saat bangun sahur
  • 1 gelas saat sahur
  • 1 gelas menjelang imsak
  • 1 gelas saat berbuka puasa
  • 1 gelas setelah salat magrib
  • 1 gelas setelah tarawih
  • 1 gelas saat makan malam
  • 1 gelas sebelum tidur

Berolahraga saat puasa memang sangat baik bagi kesehatan. Namun, Anda tetap harus memerhatikan batasan diri agar tidak berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Anda tak ingin berada di rumah sakit saat lebaran nanti, bukan?

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar