Sukses

Ramadan Tiba, Lakukan Ini untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Yuk, jaga daya tahan tubuh agar siap sambut bulan Ramadan yang sudah ada di depan mata!

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa, Ramadan sudah dekat. Bagi Anda yang akan menjalankan ibadah puasa, tentu penting untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci ini. Memiliki tubuh yang sehat dan bugar akan membuat ibadah puasa nanti terasa ringan dan menyenangkan. Jadi, jaga daya tahan tubuh dari sekarang dengan cara yang tepat.

Daya tahan tubuh yang kuat dapat dicapai dengan melakukan pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan rutin berolahraga. Tak hanya untuk dewasa, Anda pun perlu membiasakan si Kecil untuk menjalani pola hidup sehat, terutama untuk mempersiapkannya menghadapi bulan Ramadan.

Pola hidup sehat

Pola hidup yang sehat terdiri atas berbagai komponen, seperti makanan sehat dan bergizi seimbang, rajin berolahraga, dan lain-lain. Berikut beberapa kebiasaan pola hidup sehat yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dalam menyambut bulan Ramadan:

  • Asupan sehat

Makanan sehat dan bergizi seimbang adalah salah satu kunci utama pola hidup sehat. Dengan asupan makanan yang sehat, kebutuhan makronutrisi dan mikronutrisi Anda tentu akan terpenuhi.

o   Jangan lupakan sarapan. Karena sarapan yang bergizi akan membantu menunda lapar dan memasok energi untuk mulai beraktivitas. Pilih menu makanan yang mengandung gula siap pakai bagi tubuh, seperti buah.

Padukan dengan serat seperti gandum untuk membantu menunda lapar dan menyehatkan pencernaan.

o   Menu bergizi seimbang. Dalam menu makan utama, yaitu makan siang dan malam, jangan lupakan untuk mengombinasikan berbagai komponen gizi seimbang ke dalamnya.

Isi menu makan utama Anda dengan karbohidrat secukupnya, protein, serat, dan lemak sehat. Untuk makan malam, Anda bisa mengonsumsi lebih banyak serat seperti sayur dan buah.

o   Kurangi kebiasaan ngemil camilan yang tidak sehat. Ganti camilan gorengan Anda dengan buah dan sayur atau biskuit gandum rendah atau bebas gula untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

  • Cukupi kebutuhan cairan harian

Pada umumnya, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2.5–2.6 liter air atau sekitar 8 gelas air putih setiap harinya. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan 2.3 liter air atau setara 7 gelas setiap hari. Perkiraan ini belum termasuk perhitungan aktivitas dan kebutuhan yang berbeda pada setiap individu.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari dengan minum air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama daya tahan tubuh. Cairan yang cukup akan membuat Anda berpikir lebih jernih, fokus, memelihara fungsi pencernaan, ginjal, peredaran darah, dan masih banyak lagi.

  • Olahraga teratur dan istirahat yang cukup

Satu anjuran yang pasti Anda temukan di semua tips untuk hidup lebih sehat adalah olahraga teratur. Meski tidak sulit untuk dilakukan, namun olahraga teratur membutuhkan komitmen dan disiplin. Lakukan olahraga setidaknya 3 kali seminggu selama 20–30 menit setiap sesi.

Isi kegiatan olahraga Anda dengan kombinasi olahraga kardio seperti jalan santai, lari, berenang atau bersepeda, dengan olahraga yang melatih otot seperti latihan beban, push-up, sit-up, dan plank.

Selain berolahraga teratur, pastikan juga Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap harinya. Waktu tidur adalah waktu di mana hormon-hormon penting dalam tubuh diproduksi dan bekerja, maka dari itu sangat penting untuk mendapatkan tidur berkualitas setidaknya 6–8 jam setiap hari.

  • Tinggalkan hal negatif dan kebiasaan yang tidak baik

Merokok dan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol sebaiknya ditinggalkan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Hindari juga stres yang dapat menimbulkan berbagai keluhan fisik.

Tenangkan pikiran dan imbangi rutinitas harian dengan kegiatan pelepas penat yang menyehatkan di akhir minggu, seperti menjalani hobi atau berlibur.

  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Hal yang tak kalah penting namun sering terlupakan adalah menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan, terutama menjelang Ramadan. Jagalah kebersihan tak hanya lingkungan dan diri, namun juga hati.

Jauhkan pikiran negatif dan perbanyak kegiatan positif. Selain berguna untuk sesama, membantu sekitar juga terbukti dapat memperbaiki mood dan menjauhkan diri dari stres.

o   Jaga kebersihan diri. Lakukan dengan rutin mandi setidaknya 2 kali sehari di pagi dan sore setelah beraktivitas. Mandilah dengan air bersih dan gunakan sabun untuk membersihkan kotoran yang menempel di tubuh.

Sepanjang hari terutama selama beraktivitas, jangan lupa untuk membiasakan diri cuci tangan dengan sabun untuk menjaga tangan tetap bersih dan membunuh kuman yang menempel.

Kuman dan kotoran yang menempel di tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit yang tentunya akan mengganggu persiapan Ramadan Anda.

o   Memastikan kebersihan lingkungan. Lingkungan yang tidak bersih juga dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti demam berdarah pada musim hujan yang dapat terjadi akibat genangan-genangan air.

Menjalani pola hidup sehat bersama keluarga tentunya selain menjadi kegiatan yang menyenangkan juga akan membantu menjaga daya tahan tubuh Anda sekeluarga dalam mempersiapkan datangnya bulan suci Ramadan. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan Anda ke layanan kesehatan secara teratur.

Jika Anda memiliki penyakit tertentu yang dapat memengaruhi daya tahan tubuh Anda di bulan Ramadan nanti, kini adalah saat yang tepat untuk berkonsultasi ke dokter tentang kiat-kiat agar tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa nanti. Yuk, semangat menyambut Ramadan!

[NP]

0 Komentar

Belum ada komentar