Sukses

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil selama Liburan

Libur sekolah berarti saatnya berjalan-jalan. Ikuti kiat berikut agar daya tahan tubuh Si Kecil tetap terjaga.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu mimpi buruk para Bunda adalah bila Si Kecil jatuh sakit saat liburan. Bukannya senang-senang, eh malah dihantui oleh virus flu atau penyakit lainnya. Lalu, apa yang harus dilakukan agar daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga selama liburan?  

  • Lakukan vaksinasi sesuai jadwal

Sebelum bepergian, pastikan Bunda sudah memenuhi jadwal imunisasi Si Kecil. Selain mencegah sakit berat, imunisasi juga dapat menghalau terjadinya wabah, cacat, sekaligus kematian.

Si Kecil yang sejak lahir mendapat imunisasi dasar lengkap akan terlindung dari penyakit berbahaya, karena tubuhnya telah mempunyai kekebalan spesifik terhadap penyakit tersebut.

  • Konsumsi makanan yang sehat

Seperti apa kriteria makanan yang sehat untuk Si Kecil? Makanan yang sehat haruslah terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah. Lengkap dan bergizi seimbang, tentunya!

Sumber karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, kentang, dan gandum. Sumber protein diperoleh dari tahu, tempe, telur, ikan, dan daging. Sedangkan sumber lemak bisa dari keju, mentega, dan susu.

Morinaga Chil Kid MoriCare+ Prodiges dapat menjadi pilihan susu yang tepat untuk Si Kecil. Produk ini merupakan kombinasi antara zat gizi makro (protein) dan mikro (vitamin dan mineral) yang dapat memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan Si Kecil. Disempurnakan dengan faktor Pertahanan Tubuh Ganda, susu ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil sehingga tidak mudah sakit.

Kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh (pertahanan tubuh ganda) Si Kecil, antara lain nukleotida, laktoferin, prebiotik (laktulosa), dan probiotik Bifidobacterium.

Nukleotida berperan dalam meningkatkan antibodi untuk melawan penyakit dan infeksi.

Sementara itu, prebiotik (laktulosa) adalah makanan untuk pertumbuhan bakteri ‘baik’ di saluran cerna. Probiotik Bifiodobacterium juga merupakan bakteri ‘baik’ yang terdapat di saluran cerna. Nah, kombinasi prebiotik dan probiotik ini berfungsi agar Si Kecil tidak mudah diare dan sembelit serta memperbaiki penyerapan nutrisi yang lebih baik.

  • Cukup istirahat

Selama liburan, Si Kecil pastinya ingin bermain terus-menerus, tiada henti. Namun, Bunda tetap harus mendisiplinkan Si Kecil untuk tidur sesuai dengan jadwal rutinnya. Karena jika waktu tidurnya kurang, bisa-bisa Si Kecil malah rewel tak terkendali.

Waktu tidur malam untuk anak berusia 3–5 tahun adalah selama 10–13 jam. Sementara itu, anak berusia 6–13 tahun membutuhkan tidur sebanyak 9–11 jam.

  • Rutin berolahraga

Liburan bukan berarti juga libur berolahraga. Ajaklah Si Kecil untuk tetap bergerak selama liburan. Tak harus dengan olahraga yang konvensional apalagi berat. Bersepeda atau naik bukit dapat menjadi pilihan yang mengasyikkan untuk Si Kecil.

Manfaat dari berolahraga tak perlu diragukan lagi. Saat Si Kecil bergerak aktif, sistem kekebalan tubuhnya pun akan meningkat sehingga ia tak mudah sakit. Si Kecil pun akan jauh lebih produktif dalam beraktivitas.

Liburan keluarga akan lebih menyenangkan jika Si Kecil sehat dan ceria selama liburan. Untuk itu, jagalah selalu kesehatan Si Kecil sebelum dan selama liburan demi kenyamanan bersama.  

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar