Sukses

Mengenali Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia Satu Tahun

Bagaimanakah tahapan tumbuh kembang anak usia satu tahun? Temukan jawabannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tua tentu sangat bahagia saat anaknya menginjak usia satu tahun. Meski usianya sudah bertambah dan tubuhnya tidak semungil dahulu, Anda tetap harus memerhatikan tumbuh kembangnya. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi panduan praktis bagi Anda dalam memantau tahapan tumbuh kembang anak.

Di usia satu tahun, bayi akan menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan. Secara umum, rata-rata berat badan bayi di usia satu tahun mencapai tiga kali berat badan lahirnya.

Panjang badannya akan bertambah menjadi sekitar 1,5 kali panjang lahirnya. Melewati usia satu tahun, penambahan berat dan panjangnya tidak akan sepesat tahun pertama.

Untuk tahapan perkembangannya, bayi usia satu tahun juga sudah dapat melakukan beberapa hal. Dalam aspek kemampuan motorik, bayi seharusnya telah dapat berdiri sendiri.

Bayi juga dapat melakukan beberapa hal. Misalnya: memasukkan makanan ke mulut menggunakan jari dan membalik halaman buku bergambar, meski akurasinya belum baik.

Selain itu, kemampuan bicara bayi pada usia satu tahun masih terbatas dalam bentuk mengoceh. Namun, pada tahap ini, bayi seharusnya dapat menunjukkan respon terhadap orang lain yang sedang berbicara. Bayi juga mulai mengenali suara orangtuanya, serta ikut tertawa apabila diajak tersenyum.

Untuk terus mendukung tumbuh kembangnya, orang tua bisa memberikan beberapa stimulasi. Misalnya: memberikan balok-balok untuk disusun, meletakkan potongan makanan untuk dijepit dengan ibu jari dan jari telunjuk bayi, serta menunjukkan buku bergambar agar bayi tertarik membalik halamannya.

Saat mendampingi tumbuh kembang anak, orang tua harus ingat satu hal bahwa masing-masing bayi memiliki keunikan tersendiri. Kecepatan pencapaian dalam menguasai kemampuan tertentu dapat berbeda-beda antara satu bayi dengan bayi lainnya.

Usia satu tahun merupakan tahapan penting dalam kehidupan anak. Di usia tersebut, tumbuh kembang anak seharusnya telah berkembang dengan menunjukkan pencapaian-pencapaian tertentu.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar