Kesehatan Umum

Waspada Penyakit Kronis Akibat Radikal Bebas

dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA, 23 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Radikal bebas dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis. Apa saja?

Waspada Penyakit Kronis Akibat Radikal Bebas

Dalam kehidupan sehari-hari, rasanya tak mungkin untuk terbebas sepenuhnya dari radikal bebas. Penyebab munculnya radikal bebas dalam tubuh sangat beragam, mulai dari paparan UV berlebihan hingga asap rokok dan makanan cepat saji.

Anda membutuhkan antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Walaupun tubuh juga membentuk antioksidan alami, tetapi asap rokok dan berbagai polutan berpotensi menimbulkan radikal bebas yang tidak mampu dinetralkan hanya oleh antioksidan alami.

Selain itu, radikal bebas ini tanpa disadari dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Apa saja penyakit-penyakit tersebut?

1. Hipertensi

Peradangan pada pembuluh darah akibat dari radikal bebas menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku dan mengeras. Akibatnya tekanan darah rata-rata akan meningkat.

2. Dislipidemia

Tingginya radikal bebas dapat memicu timbulnya low-density lipoprotein (LDL) atau sering disebut kolesterol ‘jahat’. LDL ini akan berperan membentuk plak pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah di jantung dan otak menyempit.

3. Serangan Jantung

Tekanan darah tinggi dan naiknya kadar kolesterol ‘jahat’ dapat menyempitkan pembuluh darah di jantung. Suatu waktu ini dapat menjadi serangan jantung yang mematikan atau menurunnya fungsi jantung secara permanen.

4. Stroke

Tekanan darah dan kadar kolesterol ‘jahat’ yang tidak terkendali berperan dalam terjadinya penyempitan pembuluh darah di otak. Pecah atau tersumbatnya pembuluh darah otak secara tiba tiba akan menimbulkan stroke.

Bukan kebetulan bahwa semua penyakit kronis tersebut saling berkaitan dan memperberat satu sama lain. Untuk itu, lawanlah radikal bebas dengan melakukan pola hidup sehat dari sekarang. Konsumsi makanan bergizi, berolahraga rutin, dan tidak merokok adalah beberapa hal yang dapat Anda terapkan.

[RS/ RH]

Penyakit KronisRadikal bebas

Konsultasi Dokter Terkait