Sukses

Minum Kopi Bisa Atasi Migrain, Hoaks atau Fakta?

Selain mencegah kantuk, konon minum kopi juga bisa mengatasi migrain. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Kebanyakan orang Indonesia menganggap bahwa hari tiada berarti tanpa minum kopi. Selain sebagai pengawal hari, si hitam ini juga kerap dijadikan terapi alami untuk atasi migrain.

Kopi mengandung zat aktif yang disebut kafein. Zat tersebut bersifat sebagai pendorong kerja tubuh manusia.

Kafein disebut-sebut dapat meningkatkan stamina, konsentrasi, dan mood orang yang mengonsumsinya. Maka dari itu, orang yang minum kopi merasa lebih bersemangat dan tidak mengantuk lagi.

Terkait kopi dengan migrain, kopi memang terbukti dapat mengatasinya. Hal ini berhubungan dengan kafein pada kopi yang dapat menyempitkan pembuluh darah di otak yang cenderung melebar saat migrain atau sakit kepala menyerang.

Itulah sebabnya mengapa minum kopi mampu mengurangi keluhan. Efek ini akan meningkat bila kopi dikonsumsi bersamaan dengan obat parasetamol.

Namun demikian, konsumsi kafein setiap hari untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, dosis kafein yang diperlukan makin lama makin besar, hingga akhirnya menimbulkan efek ketergantungan.

Sekali Anda tidak mendapat asupan kafein lagi, maka akan muncul gejala penarikan (withdrawal) berupa lemas, mual, muntah, dan sakit kepala. Gejala-gejala baru akan berkurang dalam satu hingga dua minggu.

Melihat sisi baik dan buruk yang dimiliki kopi, para peneliti dan praktisi medis menyarankan Anda untuk mengonsumsi kafein hanya 200–300 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 2–3 cangkir kopi dalam sehari.

Peneliti pun menganjurkan untuk tidak menggunakan kopi sebagai terapi utama dalam mengatasi migrain atau sakit kepala. Keluhan tersebut dapat diatasi dengan cara yang lebih alami seperti cukup istirahat, minum air putih, konsumsi makanan bergizi, dan melakukan aktivitas fisik harian.

Ya, minum kopi memang dapat mengatasi migrain. Tapi si hitam ini juga bisa menimbulkan efek samping yang lebih buruk. Karenanya, tetap utamakan pola hidup sehat. Bagi Anda penggemar kopi, minumlah sesuai dengan dosis yang dianjurkan di atas.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar