Sukses

Bolehkah Wanita Hamil Minum Susu UHT?

Wanita hamil dianjurkan untuk minum tiga gelas susu sehari. Namun bolehkah minum susu UHT, alih-alih susu hamil?

Klikdokter.com, Jakarta Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman kaya kalsium, seperti: susu, yogurt, keju, sayuran hijau, dan kacang almon. Konsumsi susu yang disarankan adalah susu hamil sebanyak tiga gelas sehari. Namun bolehkah mengganti susu hamil dengan minum susu UHT?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tentang produk susu. Produk susu merupakan sumber kalsium, protein, vitamin D, fosfor, dan vitamin mineral lain. Nutrien ini penting untuk pertumbuhan tulang, gigi, otot, jantung, persarafan, dan fungsi pembekuan darah.

Susu adalah sumber kalsium penting yang dapat dikonsumsi selama kehamilan. Wanita hamil membutuhkan 1000 mg kalsium per hari.

Nah, mengenai susu UHT, susu ini dibuat dari susu sapi segar pilihan yang diolah dengan suhu tinggi (135–145ºC) dan waktu singkat selama 2–5 detik. Proses ini bertujuan untuk membunuh semua mikroba pembusuk dan mikroba pathogen (penyebab penyakit).

Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma, dan rasa yang relatif tidak berbeda seperti aslinya. Susu ini dapat disimpan setidaknya enam minggu.

Susu UHT dapat ditemukan dalam beberapa tipe, yaitu susu murni (whole milk) atau susu rendah lemak (skim milk). Apa perbedaannya?
• Susu murni mengandung 3.25 persen lemak susu, protein, karbohidrat, vitamin yang larut air, dan mineral. Segelas susu ini mengandung 149 kalori, dan 5 gr lemak tersaturasi (20 persen kebutuhan harian lemak).

Kadar lemak jenuh yang tinggi ini harus diwaspadai karena konsumsi berlebihan tidak baik untuk kehamilan.

• Susu rendah lemak mengandung 0,5–1 persen lemak tersaturasi, dan nutrien lain. Perbedaannya adalah vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan C jumlahnya lebih rendah. Segelas susu ini mengandung 83 kalori dan 305 mg kalsium.

Kadar lemak jenuh yang tinggi pada susu UHT yang susu murni harus diwaspadai karena konsumsi berlebihan tidak baik untuk kehamilan. Susu rendah lemak merupakan pilihan yang lebih sehat dan lebih baik untuk wanita hamil.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa wanita hamil boleh-boleh saja mengonsumsi susu UHT, sebab mereka juga bisa mendapatkan kelebihan dari susu UHT.

Akan tetapi, komposisi gizi susu hamil dirancang lebih khusus untuk wanita hamil. Biasanya, susu hamil juga ditambah mineral asam folat serta asam lemak esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan janin. Jadi, pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk ibu dan janin tetap terpenuhi sesuai dengan kebutuhan.

PRENAGEN mommy merupakan salah satu susu ibu hamil yang kaya nutrisi untuk membantu perkembangan otak janin dan tumbuh kembang si kecil, agar lahir sehat dan cerdas. PRENAGEN mommy kayak akan nutrisi, antara lain asam folat, omega 3 dan 6, serta vitamin D.

Asam folat berfungsi untuk mencegah risiko cacat tabung saraf otak. Lantas, omega 3 dan 6 bermanfaat untuk perkembangan otak ,fungsi otak, dan tumbuh kembang janin. Sedangkan vitamin D berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta mempertahankan kepadatan tulang ibu hamil.

PRENAGEN mommy tersedia dalam kemasan praktis siap minum (UHT). PRENAGEN mommy UHT netto 200 ml rasa cokelat dengan kemasan praktis on the go, cocok untuk memenuhi nutrisi ibu hamil di mana saja dan kapan saja. Jadi, tunggu apa lagi?

[BA/ RH]

1 Komentar