Sukses

Makanan Pencetus Alergi Harus Selamanya Dihindari?

Saat anak terdiagnosis alergi makanan, dokter akan menyarankan untuk menghindari makanan pencetus. Namun, sampai kapankah harus dihindari?

Klikdokter.com, Jakarta Si Kecil punya alergi makanan? Ini berarti Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan untuknya. Jika tidak, reaksi alergi dapat terjadi dan mengganggu hari anak.

Berdasarkan data dari Mayo Clinic, lebih dari 160 jenis makanan dapat menimbulkan alergi makanan. Namun, ada delapan jenis yang paling sering memicu alergi. Seperti susu, telur, ikan, makanan laut, kacang pohon, kacang tanah, gandum, dan kedelai.

Sebagian besar alergi makanan yang timbul di usia kanak-kanak akan menghilang seiring waktu, terutama terhadap susu, telur, kedelai, dan gandum. Namun, sebagian besar (sekitar 75%) alergi terhadap kacang tanah, kacang pohon, dan makanan laut cenderung bertahan seumur hidup.

Setelah anak dinyatakan alergi terhadap makanan tertentu, maka ia harus menghindari makanan tersebut. Hal ini penting untuk mencegah reaksi alergi. Makanan-makanan lain yang tidak terdiagnosis sebagai penyebab alergi tidak perlu dihindari.

Kesimpulannya, satu-satunya cara untuk mencegah munculnya alergi adalah dengan menghindari makanan pencetus. Beberapa jenis alergi akan menghilang seiring waktu. Namun, sebagian besar alergi akan bertahan seumur hidup. Pada kasus ini, makanan penyebab alergi harus selalu dihindari.

[RS/MFW]

0 Komentar

Belum ada komentar