Sukses

Inilah Gejala Depresi yang Sering Hadir Tanpa Anda Sadari

Sering murung atau sedih berkepanjangan? Awas, bisa jadi Anda sedang mengalami gejala depresi. Cari tahu selengkapnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda mengalami sedih berkepanjangan? Atau, merasa gelisah ketika menjalani aktivitas sehari-hari? Awas, bisa jadi Anda sedang mengalami gejala depresi. Kehadirannya memang sering tak disadari banyak orang.

Tampak sedih, tidak antusias, terkesan tidak ada motivasi untuk menjalani hari, merasa bersalah berkepanjangan, merasa disia-siakan, dan tidak tertarik lagi pada hobi. Itulah deretan kondisi yang diduga sebagai gejala depresi.

Tidak hanya itu, kebiasaan ‘balas dendam’ saat makan juga bisa menjadi tanda dan gejala dari depresi. Sebab, orang yang depresi cenderung makan berlebihan sebagai bentuk ‘pelarian’.

Berita baiknya, satu saja dari gejala di atas tidak lantas menggolongkan seseorang ke dalam depresi. Namun, Anda harus waspada bila yang terjadi adalah gabungan dari beberapa kondisi di atas.

Pasalnya, depresi dapat menimbulkan beberapa keluhan fisik yang berkepanjangan dan sulit mereda. Mulai dari sakit kepala, gangguan pencernaan hingga rasa nyeri di lokasi tubuh tertentu tanpa penyebab yang jelas.

Jika didiamkan, gejala dan komplikasi dari depresi bisa menumbuhkan rasa putus asa. Bahkan bisa membuat penderitanya menyakiti diri sendiri maupun orang lain, atau yang terburuk adalah melakukan tindakan bunuh diri.

Maka dari itu, jika Anda mengalami beberapa kondisi yang diduga menjadi gejala depresi, segera periksakan diri ke psikolog atau psikiater. Ini bertujuan agar pokok masalah dari kondisi yang Anda alami dapat segera diatasi.

Jangan khawatir akan dianggap mengalami gangguan jiwa karena berkonsultasi pada psikolog atau psikiater. Tujuan Anda melakukan hal ini adalah untuk mendapatkan solusi dari masalah Anda yang berkaitan dengan kesehatan fisik dan mental.

Ingat, gejala depresi sering hadir tanpa disadari. Mari lebih waspada agar kesehatan jiwa dan raga tetap terus terjaga.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar