Kesehatan Umum

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 08 Mei 2014

Ditinjau Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD

Di kota besar, polusi menjadi masalah besar. Ketika ke luar rumah, Anda akan disambut oleh asap knalpot, debu dan kotoran, serta radikal bebas yang berbahaya.

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

Di kota besar, polusi menjadi masalah besar. Ketika ke luar rumah, Anda akan disambut oleh asap knalpot, debu dan kotoran, serta radikal bebas yang berbahaya. Akibatnya, kulit wajah menjadi kusam, kotor, dan berjerawat. Apalagi ditambah paparan radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi berkerut.

Tapi hati-hati, polusi tak hanya ada di luar rumah. Polusi pun ada di dalam rumah. Debu, asap rokok, kotoran yang menumpuk dari pendingin udara, semprotan yang mengandung aerosol adalah polusi dalam rumah yang dapat berdampak buruk pada kulit wajah Anda. Selain wajah jadi kusam dan kotor, polusi dapat membuat penuaan dini pada wajah.

Memang sulit untuk menghindari polusi. Tapi Anda bisa mencegahnya dengan cara:

  1. Bijak memilih produk pembersih rumah yang mengandung bahan-bahan natural.
  2. Bersihkan rumah dari debu. Disarankan untuk membersihkan debu dengan cara mengelapnya daripada hanya disapu. Jika memakai alat penyedot debu, dan pilih yang menggunakan HEPA (High-efficiency Particulate Air) filter.
  3. Pastikan ada ventilasi di rumah sehingga ada pertukaran udara.
  4. Cegah asap rokok di dalam rumah.
  5. Rutin merawat kulit tangan dan wajah. Untuk wajah, dianjurkan memakai produk perawat yang mengandung activated carbon agar dapat menyerap kotoran dari polusi yang menempel di kulit.

Nah, dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan seperti ini, Anda tak hanya melindungi diri sendiri tapi juga seluruh anggota keluarga.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Anti AgingCara Agar Rumah Bebas Polusi

Konsultasi Dokter Terkait