Sukses

Kulit Sehat di Hari Ibu

Peran seorang ibu dalam suatu keluarga sungguh berarti, kasih sayangnya kepada keluarga sungguh tak dapat tergantikan oleh apa pun. Maka dari itu, untuk menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, para ibu, terutama ibu hamil perlu untuk tampil sempurna di hari perayaan mereka. Bagaimana? Simak disini selengkapnya...

KLIKDOKTER.com - Peran seorang ibu dalam suatu keluarga sungguh berarti, kasih sayangnya kepada keluarga sungguh tak dapat tergantikan oleh apa pun. Maka dari itu, untuk menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, para ibu, terutama ibu hamil perlu untuk tampil sempurna di hari perayaan mereka. Caranya tidak sulit, dengan merawat kulit cantik ibu dengan teratur dari sekarang, maka ibu akan mendapatkan kulit terbaik di Hari Ibu.

Saat mengandung, para ibu sering merasakan pengalaman yang bahagia dan juga stres karena perubahan kulit yang terjadi saat hamil. Perubahan keadaan kulit pada ibu hamil adalah hal yang normal, jerawat, kulit kering dan gatal perlu diatasi dengan perawatan kecantikan yang khusus. Hati-hati saat ibu memilih produk kecantikan, dikhawatirkan produk kecantikan yang ibu pilih justru membahayakan janin karena kandungan kimianya yang tidak sesuai dengan kondisi hamil. Bijaksanalah dalam memiliih kosmetik, dan tidak lupa senantiasa konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum pemakaian.

Berikut adalah tips aman untuk ibu hamil yang ingin mendapatkan kulit cantik saat Hari Ibu:

1. Makanan dan minuman seimbang untuk kulit

Tidak hanya tubuh yang memerlukan makanan seimbang, kulit juga butuh. Berilah makanan seperti minyak ikan, kedelai, nasi, sayur-sayuran, dan buah-buahan untuk kesehatan kulit. Namun hati-hati saat mengonsumsi gula, karena menurut penelitian terbaru, konsumsi gula yang berlebihan dapat memicu infeksi jerawat dan merusak lapisan kolagen. Selain itu, ibu hamil berisiko tinggi terkena diabetes, karena itu perlu adanya batasan saat mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Daripada ibu mengonsumsi kopi atau teh manis, lebih baik ibu mengonsumsi teh hijau atau jus buah yang mengandung antioksidan, karena minuman-minuman tersebut dapat membantu memperlambat proses penuaan pada kulit.

2. Hindari Chemical Peeling!

Peeling memang memberikan hasil yang instan, namun peeling sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Dikhawatirkan krim yang dipakai untuk peeling mengandung zat-zat berbahaya seperti hydroquinon, Retin A, dan Rhodamin yang dapat mengakibatkan keracunan pada embrio, teratogenic, atau cacat janin bagi ibu hamil.

Cara yang aman untuk merawat kulit wajah bukan dengan mengelupas kulit sampai melebihi lapisan kulit mati yang seharusnya dikelupas. Jadi jangan susah-susah melakukan chemical peeling, karena kulit ibu pada dasarnya mengalami pertumbuhan setiap 21 hari untuk meregenerasi. Cukup dengan rajin membersihkan wajah dan menjaga kelembapannya, maka kulit wajah ibu akan menjadi lebih sehat dan bersih. Namun tetap hati-hati saat memilih pelembab wajah, jangan sampai pelembab tersebut mengandung zat-zat yang membahayakan janin ibu. 3. Jaga kelembaban kulit Hal yang paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah masalah kulit kering dan gatal. Untuk itu, saat mandi gunakan sabun cair khusus ibu hamil yang mengandung olive oil (minyak zaitun), vitamin E dan juga ekstra moisturizer yang dapat melembabkan kulit ibu sehingga terhindar dari kulit kering dan juga gatal. Usahakan agar memilih wangi yang tidak membuat ibu mual. Selain itu, gunakan pelembab khusus ibu hamil yang berguna untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit, mencegah dan menyamarkan stretchmarks. Sejatinya, kulit yang sehat dan cantik itu bukan didapat dengan cara instan, tetapi dengan perawatan, jadi para ibu tidak dianjurkan untuk melakukan perawatan instan yang dapat membahayakan diri serta janin ibu. Dengan melakukan perawatan kulit yang aman, maka ibu akan mendapatkan kulit terbaik saat Hari Ibu nanti. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Selamat Hari Ibu![](JRA/DA)

 

Baca juga:

3 Kunci Awet Muda
4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria
10 Makanan untuk Rambut Sehat
Solusi Mengatasi Stretch Marks

Gabung Milis KlikDokter dan miliki kesempatan untuk dapatkan pulsa @50rb untuk 4 subsriber terpilih di setiap minggunya disini

 

0 Komentar

Belum ada komentar