Darah

Mata Panda, Jangan- Jangan Kurang Darah?

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 11 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ternyata, mata panda bukan hanya pertanda dari kurang tidur. Konon, ini juga merupakan gejala dari kurang darah!

Mata Panda, Jangan- Jangan Kurang Darah?

Kantung mata kehitaman atau sering disebut mata panda, banyak dianggap sebagai tanda dari kurang tidur. Namun kurang darah atau anemia, juga bisa menjadi penyebab di balik terjadinya mata panda.

Bagaimana hal ini terjadi? Ini karena kurang darah menyebabkan sel-sel di tubuh –termasuk sel kulit di bawah mata– kekurangan pasokan oksigen, sehingga lingkaran hitam di bawah mata sangat mungkin untuk terjadi.

Namun jangan salah, mata panda tidak melulu karena kurang darah. Pasalnya, kondisi-kondisi ini juga bisa sebabkan lingkaran hitam di bawah mata:

1. Alergi

Salah satu gejala alergi yang sering dijumpai adalah pilek dan hidung tersumbat. Keadaan ini menyebabkan pembuluh darah di bawah mata melebar. Bila terjadi dalam jangka waktu lama, kantung mata kehitaman di bawah mata mungkin saja terjadi. Warna kehitaman di bawah mata akan diperberat dengan kebiasaan mengucek mata, yang sering dilakukan orang yang memiliki bakat alergi.

2. Cedera kepala berat

Bila lingkaran di bawah mata terjadi setelah mengalami benturan atau cedera, Anda harus waspada. Karena hal ini mungkin menunjukkan adanya patah tulang di daerah dasar otak yang harus segera ditangani.

3. Rokok, alkohol, atau pengguna narkoba

Kekurangan oksigen yang terjadi akibat merokok atau minum alkohol juga dapat menyebabkan mata panda. Sedangkan, pada pengguna narkoba jenis kokain dan amfetamin, kantung mata kehitaman ini terjadi karena jenis narkoba tersebut menyebabkan penggunanya sulit tidur.

4. Penuaan

Penuaan juga bisa sebabkan mata panda. Ini karena seiring waktu, jumlah sel lemak dan kolagen akan semakin menurun. Akibatnya, kulit di bawah mata menjadi kendur dan tipis, sehingga membentuk kantung mata berwarna gelap.

Mata panda memang bisa menjadi pertanda kurang darah atau anemia. Namun Anda sebaiknya berkunjung ke dokter untuk memastikan penyebab di balik terjadinya mata panda tersebut.

(NB/ RH)

mata pandaKurang darahAnemia