Sukses

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Durian, buah yang mungkin menjadi favorit orang banyak ini diyakini sebagai jenis buah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan durian? Berikut ulasan dari dr. Grace Valentine, Sp.OG.

Durian adalah jenis buah-buahan yang sering kali membuat para ibu hamil kebingungan terkait dampak yang dapat ditimbulkan oleh buah ini apabila dikonsumsi oleh mereka yang sedang hamil.

Sebenarnya, bolehkah ibu hamil boleh makan durian?

Ya, boleh. Durian aman untuk dimakan oleh ibu hamil, selama dalam porsi yang tidak berlebihan. Hingga saat ini, belum ada studi yang menunjukkan konsumsi durian dapat menyebabkan efek negatif terhadap kehamilan. Namun demikian, studi yang mendukung konsumsi durian selama kehamilan hingga saat ini juga belum ada.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa keuntungan dari konsumsi durian, yang mengandung organo-sulfur dan tryptophan. Pasalnya, komponen yang terkandung dalam durian ini memiliki efek antioksidan. Selain itu, durian juga bermanfaat sebagai antimikroba, antibakteri dan antijamur, di mana manfaat tersebut menguntungkan bagi kehamilan.

Di samping itu, durian juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk mencegah konstipasi yang sering terjadi pada kehamilan. Durian juga kaya akan besi dan mineral lain, seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Zat besi dan tembaga yang terkandung pada durian dapat membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh, yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Walaupun memiliki efek demikian, durian juga mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi. Dua butir durian berukuran sedang mengandung 60 kalori, sehingga durian termasuk ke dalam makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Karenanya, wanita hamil dengan diabetes gestasional sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi durian.

0 Komentar

Belum ada komentar