Sukses

Olahraga yang Baik untuk Anak Asma

Olahraga baik untuk kesehatan anak. Tapi, asmanya malah sering kambuh ketika berolahraga. Adakah olahraga yang baik bagi anak penderita asma?

Tidak hanya bagi orang dewasa, olahraga pun bermanfaat bagi anak-anak. Anak yang rutin berolahraga akan memiliki badan yang lebih sehat dan bugar, tidak mudah jatuh sakit, memiliki tulang dan otot yang lebih kuat, serta memiliki berat badan yang ideal. Anak yang rutin berolahraga sejak kecil juga terbukti memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes, darah tinggi, penyakit jantung, dan obesitas di masa mendatang.

Baiklah, Anda sudah mengetahui semua manfaat tersebut dan kerap mendorong anak untuk aktif berolahraga. Namun bagaimana jika setiap kali berolahraga gangguan asma anak kambuh? Jangan khawatir! Pemilihan olahraga yang tepat dan beberapa trik, anak Anda dapat berolahraga dengan nyaman tanpa gangguan asma.

Olahraga Bebas Asma

Anak asma memiliki paru yang lebih sensitif dibandingkan anak lain yang tidak memiliki asma. Oleh sebab itu, hindari berolahraga di tempat yang terlalu dingin atau panas, karena suhu ekstrem tersebut dapat mencetuskan asma. Usahakan agar anak berolahraga di tempat yang memiliki kelembapan yang baik. Selain itu, tempat olahraga anak juga harus bebas polusi –seperti asap rokok dan kendaraan bermotor.

Pastikan juga agar anak selalu bernapas melalui hidung selama berolahraga. Sebab bernapas terlalu cepat, dalam, dan menggunakan mulut dapat membuat udara yang masuk ke dalam saluran napas menjadi kering. Udara kering tersebut dapat menjadi pencetus kambuhnya asma saat berolahraga.

Pilih Olahraga yang Tepat

Berenang adalah olahraga yang paling baik untuk anak asma. Karena dilakukan di bawah air, maka udara yang dihirup akan mengandung kelembapan yang cukup. Di samping itu, berenang secara rutin akan membantu memperkuat otot-otot pernapasan anak sehingga memperbaiki kapasitas paru.

Selain berenang, yoga juga bisa menjadi pilihan yang aman. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2012 menemukan bahwa melakukan yoga secara rutin selama 10 minggu dapat meringankan gejala asma.

Kurang menyukai dua olahraga di atas? Anak masih memiliki pilihan olahraga lain, seperti jogging, bersepeda, golf, atau senam. Selamat berolahraga!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar