Sukses

Waspada, Salah Diet Sebabkan Anemia!

Tahukah Anda bahwa salah diet dapat berujung pada kondisi anemia? Simak selengkapnya berikut ini.

Saat ini banyak orang melakukan berbagai macam diet makanan untuk dapat mengurangi berat badan atau untuk tujuan kesehatan tertentu –seperti menghindari diabetes, atau kolesterol tinggi. Tak jarang, para pelaku diet tersebut justru mengalami kondisi anemia. Tahukah Anda apa yang menyebabkan hal ini?

Anemia

Anemia merupakan kondisi di mana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari normal. Kadar Hb normal pada laki-laki minimal 14 dan pada wanita adalah 12.

Anemia umumnya terjadi akibat kurangnya zat besi yang berperan penting untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, adapula faktor penyakit bawaan, peningkatan destruksi sel darah, perdarahan hebat, gangguan pembentukan sel darah merah dan keganasan.

Diet dan Anemia

Anemia berkaitan dengan diet biasanya berhubungan dengan pola diet yang salah, di mana makanan yang mengandung zat besi tinggi tidak dikonsumsi secara tepat. Kebutuhan zat besi berkisar antara 8,5 mg/hari untuk laki laki dan 18,9 mg/hari pada wanita –terutama wanita hamil. Orang yang melakukan diet salah biasanya mencoba menghindari daging, ikan dan produk hewani. Padahal, makanan tersebut justru mengandung zat besi yang tinggi.

Pada fase awal diet, seseorang dapat tidak merasakan efeknya secara langsung. Namun jika terus-menerus mengalami defisiensi (kekurangan) zat besi maka akan berujung pada kejadian anemia.

Anemia yang ditimbulkan akibat hal ini umumnya memiliki gejala yang sama dengan anemia lainnya. Gejala yang dapat timbul, antara lain; lesu, lemas, sulit konsentrasi, cepat lelah, sakit kepala, kuku dan kulit pecah-pecah. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan segera, maka komplikasi serius pada jantung, metabolisme dan pernapasan sangat mungkin terjadi.

Jika Anda ingin menghindari perilaku diet salah, sebaiknya lakukan hal berikut:

  • Sebelum melakukan diet, berkonsultasilah dengan dokter jika memiliki kondisi penyakit tertentu.
  • Periksakan diri Anda secara berkala untuk memantau kondisi kesehatan saat sedang melakukan diet.
  • Jika Anda sedang diet dan berkeinginan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan suplemen atau vitamin yang sesuai.
  • Jika Anda sedang diet namun muncul suatu gejala penyakit, jangan ragu untuk membawa diri Anda ke dokter.

Dengan pola diet yang baik dan sesuai, tujuan untuk mendapatkan status kesehatan yang baik dapat dicapai dengan mudah. Anda pun terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya, seperti anemia.

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar