Sukses

5 Jenis Buah yang Efektif Mencegah Anemia

Selain kaya akan nutrisi, buah-buahan ini juga efektif untuk mencegah anemia. Apa saja buah yang efektif untuk mencegah anemia? Simak selengkapnya berikut ini.

Menjalani pola makan yang sehat dan seimbang sangatlah penting bagi penderita anemia. Pasalnya, jika nutrisi harian Anda tidak terpenuhi, maka hal tersebut dapat memperparah anemia yang terjadi.

Oleh karena itu, penuhilah asupan harian Anda dengan makanan yang tinggi akan vitamin B12, asam folat, zat besi dan vitamin C.

Nah, sebelum anemia datang dan menyerang, sebaiknya Anda selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, buah-buahan adalah pilihan yang terbaik.

Beberapa buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah anemia, antara lain:

1. Tomat

Buah tomat kaya akan vitamin C dan likopen. Vitamin C yang terkandung di dalam buah tomat dapat membantu penyerapan zat besi yang lebih baik. Selain itu, tomat juga kaya akan beta karoten dan vitamin E yang dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit dan rambut.

Tips:

  • Konsumsilah 1 atau 2 buah tomat mentah setiap hari untuk meningkatkan vitamin C di dalam tubuh dan mempercepat penyerapan zat besi.
  • Anda juga bisa minum jus tomat satu gelas setiap harinya untuk mencegah anemia.

2. Delima

Salah satu buah yang kaya akan zat besi dan vitamin C adalah delima. Buah delima dapat meningkatkan serta memperlancar aliran darah di tubuh. Selain itu, buah delima juga efektif untuk mencegah gejala anemia, seperti lesu, pusing dan lelah.

Tips:

  • Minum segelas jus buah delima setiap hari setelah makan pagi.
  • Usahakan untuk makan buah delima setiap hari untuk mengurangi gejala anemia.

3. Persik dan kismis

Persik dan kismis merupakan buah yang tinggi akan kandungan zat besi. Bahkan, 100 gram buah persik kering mengandung 6 mg zat besi.

Tips:

  • Jika Anda sulit mendapatkan buah persik, Anda bisa makan kismis dan mencampurkannya di sereal atau mengonsumsinya secara mentah.

4. Apel

An apple a day keeps the doctor away” Pepatah ini mungkin ada benarnya. Buah apel ternyata tinggi akan zat besi. Tak hanya itu, buah apel juga tinggi akan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi. 100 gram buah apel mengandung 0.12 mg zat besi.

Tips:

  • Konsumsi 1 buah apel setiap hari untuk pencegahan anemia.

5. Kurma

Ternyata, buah kurma tak hanya dapat mengembalikan kadar gula darah setelah seharian berpuasa, tetapi juga dapat membantu mencegah anemia. Pasalnya, buah kurma mengandung zat besi yang tinggi.

Tips:

  • Konsumsi 10 butir buah kurma setiap harinya untuk mencegah anemia

0 Komentar

Belum ada komentar