Sukses

Bisakah Nyeri Punggung Diatasi dengan Pijat?

Terapi pijat dapat menjadi sarana yang tepat untuk melepaskan kepenatan. Tapi tidak hanya itu, pijat juga baik untuk meredakan rasa sakit dan peradangan.

Bagi kebanyakan orang, pijat menjadi kegemaran tersendiri ketika ingin melepaskan rasa lelah. Sebagai tambahan, pijat dapat memiliki manfaat secara psikis melalui efek relaksasi dan peningkatan hormon endorfin. Inilah yang membuat pijat juga dapat memberikan efek penurunan nyeri.

Pijat menjadi pengobatan dan terapi yang diterima oleh banyak orang di seluruh dunia, dan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terapi pijat memberikan efek dan potensi kesehatan berupa:

  • Peningkatan aliran darah, yang akan memberikan nutrisi pada otot dan jaringan. Hal ini juga berfungsi pada cedera jaringan otot.
  • Penurunan tekanan pada otot. Otot yang rileks akan meningkatkan fleksibilitas dan menurunkan respons nyeri.
  • Peningkatan level endorfin. Hal ini baik untuk tubuh karena memberikan efek ketenangan dan menurunkan nyeri.

Terdapat beberapa kondisi yang memungkinkan terapi pijat bermanfaat bagi nyeri punggung, yaitu:

  • Nyeri punggung akibat cedera otot. Kebanyakan nyeri pada punggung merupakan nyeri yang akut, seperti akibat mengangkat beban berat dan sebagainya. Otot yang cedera mengalami peradangan, dan dengan peradangan ini akan timbul nyeri sebagai respons jaringan. Nah, pijatan yang diberikan akan membantu menurunkan peradangan ini.
  • Osteoartritis dari tulang belakang. Kondisi ini memberikan respons nyeri, dikarenakan peradangan pada sendi yang menghubungkan antara tulang belakang yang satu dengan yang lain. Pijatan dapat menurunkan proses peradangan karena sirkulasi yang meningkat dan proses penurunan tekanan pada otot.

Pijatan yang diberikan ada baiknya dilakukan oleh tenaga medis profesional, terapis, ataupun orang yang memiliki kemampuan yang terstandar. Hal ini tentu untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan. 

0 Komentar

Belum ada komentar