Sukses

5 Alasan Hujan-hujanan Baik untuk Si Kecil

“Sudah mau hujan, ayo cepat masuk ke dalam rumah!” Pernyataan ini sering kali dilontarkan oleh orangtua. Padahal, bermain hujan-hujanan bisa berdampak baik pada Si Kecil, lho!

Hampir semua orangtua melarang anak-anaknya untuk bermain di luar ketika hari hujan. Pasalnya, bermain hujan dikonotasikan dengan akan sakit, dan kotor.

Bila pemahamannya seperti itu, Si Kecil pun cenderung untuk menghabiskan sebagian besar waktunya berada di dalam ruangan. Entah itu di rumah, sekolah, mal, mobil, dan lain-lain. Hal tersebut dapat membuatnya terkungkung, serta membatasi kegiatan eksplorasi dan aktivitas motoriknya.

Namun, tahukah Anda, ternyata anak-anak di Skandinavia – Norwegia, Denmark, Finlandia, dan Swedia – diperbolehkan untuk bermain di luar dalam segala cuaca, bahkan saat hujan?

Bermain hujan-hujanan dipercaya dapat membawa beberapa manfaat bagi Si Kecil. Hal tersebut diamini oleh para pakar kesehatan seperti dokter anak dan psikolog anak. Penyakit bukanlah disebabkan oleh bermain hujan-hujanan, melainkan karena infeksi – umumnya adalah akibat virus dan bakteri. 

Berikut adalah manfaat bermain hujan-hujanan bagi Si Kecil:

Imajinasi

Sambil bermain hujan, Si Kecil juga dapat memainkan imajinasinya. Ia dapat berandai-andai menjadi pelaut, tentara, dan lain-lain. Mengembangkan daya imajinasi sangatlah penting untuk perkembangan otak.

Sosialisasi

Saat bermain hujan, umumnya Si Kecil akan bertemu dengan teman-teman sebayanya. Dengan demikian, ia bisa mendapatkan teman baru dan memperluas pergaulannya.

Eksplorasi

Si Kecil dapat mengeksplorasi lingkungan dan lebih mengenal alam sekitar, seperti bermacam-macam jenis tanaman, bunga, serangga, dan lain-lain. Si Kecil juga bisa belajar mengenai berbagai ilmu pengetahuan alam sederhana.

Motorik

Bermain di lingkungan terbuka yang luas dapat memicu perkembangan motorik Si Kecil menjadi lebih aktif. Ia dapat berlari, bermain kejar-kejaran, berloncatan, dan bermain air. Secara tidak langsung, Si Kecil juga melakukan olahraga yang menyehatkan tubuh.

Bahagia

Bermain di alam terbuka tanpa kungkungan tembok beton dapat membuat Si Kecil lebih riang, lepas, dan bahagia. Kegiatan ini juga dapat menurunkan stres pada Si Kecil.

Ada Tapinya...

Meskipun memberikan banyak manfaat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengizinkan Si Kecil bermain hujan:

  • Tubuh Si Kecil harus berada dalam keadaan fit, agar ia tidak mudah jatuh sakit jika kedinginan karena hujan.
  • Kenakan pada Si Kecil pakaian yang hangat dan dilapisi dengan jas hujan antiair, untuk meminimalkan basah pada pakaian dan menjaganya tetap hangat.  
  • Pastikan hujan yang turun hanya rintik-rintik atau gerimis, dan tidak terlalu deras.
  • Waktu bermain hujan juga harus dibatasi. Batasi waktu bermain paling lama satu jam, terutama jika Si Kecil masih berusia di bawah dua tahun. Terlalu lama bermain hujan dapat membuat ia kedinginan dan menimbulkan penurunan suhu tubuh (hipotermia) yang tidak baik bagi kesehatan.
  • Setelah selesai bermain, segera keringkan tubuh Si Kecil, berikan minuman hangat, lalu mandikan dengan air yang hangat pula. Jika masih belum memungkinkan bagi Si Kecil untuk segera mandi, keringkan tubuhnya dan ganti pakaiannya dengan pakaian baru yang kering.

0 Komentar

Belum ada komentar