Sukses

Asupan Kaya Zat Besi Pencegah Anemia

Asupan kaya zat besi sangatlah penting untuk ditambahkan ke dalam menu harian Anda. Pasalnya, asupan kaya zat besi ini sangat membantu dalam mencegah terjadinya anemia defisiensi besi.

Anemia defisiensi besi atau anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi merupakan penyebab anemia terbanyak di dunia.

Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh akan terasa lemah, mudah lelah, dan pucat.

Anemia karenea defisiensi besi ini sangat rentan terjadi pada wanita, anak-anak, dan wanita lanjut usia. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Orang dewasa usia produktif, terutama wanita, disarankan untuk mengonsumsi 18 mg zat besi setiap harinya.

Terdapat 2 jenis zat besi, yakni:

  • Zat Besi Heme:

Zat besi heme merupakan turunan dari hemoglobin, dan bisa didapatkan dari sumber hewani, seperti daging, ikan, dan kerang.

  • Zat Besi Nonheme:

Zat besi nonheme merupakan jenis zat besi yang berasal dari tumbuhan. Zat besi nonheme dapat berasal dari sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

Saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, zat besi tersebut akan diserap di usus kecil bagian atas. Zat besi heme merupakan jenis zat besi yang sangat mudah terserap oleh tubuh, sedangkan zat besi jenis nonheme merupakan jenis zat besi yang lebih lambat diserap oleh tubuh.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang kaya akan zat besi:

  • Hati ayam

Setiap 100 gram hati ayam mengandung 13 mg zat besi, artinya sudah bisa memenuhi 70% kebutuhan harian zat besi.

  • Kerang

Tiram merupakan salah satu jenis kerang yang memiliki kandung zat besi paling tinggi. 3 ons (100 gram) tiram mengandung 8 mg zat besi dan dapat memenuhi 50% kebutuhan zat besi harian orang dewasa. Jenis kerang-kerangan lainnya juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

  • Biji-bijian (biji labu kuning, wijen, biji bunga matahari)

Dalam 100 gram biji labu kuning terdapat 15 mg zat besi, yaitu sekitar 80% kebutuhan zat besi harian. Jenis biji-bijian lain yang kaya akan zat besi yaitu wijen (4mg) dan biji bunga matahari (2mg).

  • Daging

Setiap 100 gram daging mengandung 3,8 mg zat besi. Jenis daging yang mengandung zat besi tidak hanya daging kambing, tetapi daging sapi dan daging domba juga.

  • Kacang-kacangan

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan dengan kandungan zat besi paling tinggi, yaitu sekitar 8 mg per 100 gram kacang kedelai. Jenis kacang lain yang juga kaya akan zat besi di antaranya kacang merah, kacang hijau, almond, kacang mete, dan pistachio.

  • Sumber lainnya

Sumber zat besi lainnya, misalnya daging ayam, ikan salmon, tuna, bayam, kurma, yang memiliki kandungan zat besi sekitar 3 mg.

0 Komentar

Belum ada komentar