Sukses

Kenapa Sakit Kepala Saat Makan Es Krim?

Sakit kepala kadang terasa saat makan es krim atau makanan dingin lainnya. Mengapa bisa demikian? Baca penjelasan medisnya di sini.

Pernahkah Anda makan es krim dan tiba-tiba merasakan nyeri kepala menusuk? Bagi beberapa orang es krim dapat menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang muncul biasanya berupa denyutan tajam di daerah dahi selama beberapa detik sampai menit.

Keluhan ini terjadi khususnya setelah makan makanan dingin, dan lebih mungkin terjadi jika dimakan dengan waktu cepat. Istilah untuk keadaan ini dinamakan brain freeze atau ice cream headache.

Mengapa brain freeze bisa terjadi?

Brain freeze terjadi ketika makanan dingin menyentuh atap dari rongga mulut dan menyebabkan rangsangan saraf serta pengecilan diameter pembuluh darah. Makanan dingin dapat menyebabkan pengecilan diameter pembuluh darah di daerah sinus dan pelebaran pembuluh darah kembali ketika rongga mulut menjadi hangat lagi. Perubahan ukuran ini dapat terdeteksi oleh ujung saraf nyeri dan diteruskan ke otak melalui cabang saraf trigeminal. Nyeri akan dipersepsikan oleh otak sebagai nyeri yang berasal dari dahi. Umumnya, keluhan nyeri kepala akan hilang dalam hitungan detik sampai menit.

Teori lain yang coba menjelaskan mengapa makanan dingin dapat menyebabkan nyeri kepala adalah karena pelebaran arteri cerebral anterior yang memberikan oksigen ke lobus frontal dan superior medial parietal dari otak. Peningkatan volume darah inilah yang berhubungan dengan ice cream headache.

Bagaimana mengurangi brain freeze?

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri kepala akibat dingin. Pertama, untuk mencegah ice cream headache, makanlah makanan dingin secara perlahan. Jika keluhan nyeri kepala terjadi, cobalah tekan lidah Anda ke bagian langit dari mulut untuk mengurangi suhu rongga mulut.

Selain itu, Anda bisa mencoba bernapas dari mulut sehingga udara hangat akan masuk dan keluar melalui rongga mulut. Udara hangat ini diharapkan dapat mengurangi suhu rongga mulut.

0 Komentar

Belum ada komentar