Sukses

Scrub Tubuh dengan Bahan Alami

Scrub tubuh dengan bahan Alami merupakan sesuatu yang mungkin Anda cari-cari selama ini. Berikut scrub tubuh dengan bahan alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Scrub tubuh dengan bahan alami merupakan kebutuhan masyarakat masa kini. Hal ini berkaitan dengan pertambahan usia yang Anda alami membuat pergantian sel kulit melambat sehingga kulit mudah kusam.

Pengelupasan kulit mati (eksfoliasi) rutin setiap minggunya dapat membantu menyingkirkan lapisan atas kulit mati sehingga kulit lebih berseri dan produk perawatan kulit terserap lebih efektif.

Anda dapat berkreasi dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah untuk dijadikan scrub tubuh alami buatan Anda sendiri. Bahan alami amat baik untuk kulit dan tidak menimbulkan sampah yang merusak lingkungan. Bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk membuat scrub sendiri di rumah, yakni:

1. Gula

Cara membuat scrub tubuh dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan gula sebagai bahan dasarnya. Scrub gula bersifat ringan dan mampu menyingkirkan sel kulit mati. Banyak sekali variasi resep yang dapat digunakan. Berdasarkan urutan kekasaran gula, gula merah adalah yang paling lembut untuk kulit, lalu kemudian gula pasir, dan gula organik. Pilihlah sesuai kebutuhan eksfoliasi Anda.

Resep yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mencampurkan 1 cangkir gula dengan 1/2 cangkir minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam lemak baik dan vitamin E untuk kulit, sehingga baik untuk dijadikan campuran. Sebagai alternatif minyak kelapa, Anda dapat menggunakan madu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan perasan air lemon, jeruk, atau vanila untuk aroma ekstra.

2. Kopi

Selain menjadi bahan scrub tubuh dengan bahan alami, aroma kopi dapat membangunkan Anda di pagi hari dan membuat Anda menjadi rileks. Campurkan 2 cangkir kopi bubuk kasar, 1/2 cangkir gula, dan 2-3 sendok makan minyak bunga matahari.

3. Garam laut

Untuk membuat scrub tubuh dengan bahan alami seperti garam, gunakanlah garam laut, bukan garam dapur, sebagai scrub tubuh. Garam laut dapat digunakan untuk scrub tubuh dengan bahan alami karena teksturnya yang lebih kasar. Campurkan 1/8 cangkir garam laut, beberapa tetes cuka sari apel, dan 1-2 sendok teh daun mint segar yang dicincang halus hingga berbentuk adonan pasta. Cuka sari apel berfungsi sebagai astringen, sementara daun mint membantu mengurangi peradangan yang mungkin Anda miliki.

4. Oatmeal (havermut)

Jika menginginkan eksfoliasi yang lebih lembut, Anda dapat menggunakan havermut sebagai scrub tubuh dengan bahan alami. Jenis gandum ini tidak hanya baik untuk menurunkan kadar kolesterol, namun juga memiliki efek anti inflamasi dan melembapkan kulit.

Campurkan 1 cangkir havermut, 1 cangkir yoghurt, dan 2 sendok makan madu hingga menjadi adonan seperti pasta. Kemudian, oleskan scrub tubuh dengan bahan alami tersebut ke bagian wajah dan tubuh, diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Perlu Anda ingat, setelah Anda melakukan scrubbing, banyak lapisan kulit yang terkelupas. Hal ini dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif. Terlebih, jika sehabis scrubbing Anda mandi menggunakan air hangat, kulit Anda biasanya akan terasa perih.

Nah, untuk menghindari iritasi kulit yang terjadi pasca scrubbing, terutama untuk orang yang memiliki kulit sensitif, gunakanlah sabun berpelembap ketika Anda mandi guna mencegah terjadinya iritasi dan hilangnya kelembapan alami kulit sehingga kesehatan kulit Anda akan tetap terjaga dengan baik. 

0 Komentar

Belum ada komentar