Sukses

Benarkah Konsumsi Kuning Telur Memicu Kolesterol?

Kuning telur dikatakan dapat meningkatkan kolesterol, sehingga sering dihindari oleh mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Untuk mengetahui fakta mengenai kuning telur, baca lebih lanjut di sini.

Telur merupakan makanan kaya gizi dan bermanfaat bagi kesehatan – baik itu putih telur maupun kuning telur. Kandungan protein dalam telur berguna untuk mengobati berbagai penyakit yang menyebabkan penurunan kadar protein tubuh.

Protein dalam telur juga penting untuk penyembuhan luka, seperti luka bakar atau luka bekas operasi. Jika putih telur banyak mengandung protein, maka kuning telur banyak mengandung lemak, vitamin, asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Kuning Telur & Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol dalam tubuh, maka pilihlah makanan yang terbuat dari putih telur dibandingkan makanan yang dibuat dari kuning telur. Pasien diabetes juga perlu memperhatikan jumlah asupan kuning telur yang dikonsumsinya. Jangan lupa untuk menyimpan telur di dalam lemari es, serta memasak telur sampai terasa padat, untuk menghindari risiko penyakit yang dapat ditularkan dari makanan.

Takaran Telur yang Baik

Untuk penderita kolesterol, konsumsi satu butir telur (putih telur maupun kuning telur) per hari masih dinilai aman bagi kesehatan. Hindari memasak telur dengan digoreng. Selain itu, Anda perlu memperhatikan jenis makanan lain yang disajikan bersama telur Anda – sajian yang umum dijumpai bersama telur adalah kentang goreng, keju, dan sosis goreng. Jika Anda masih ragu untuk mengonsumsi telur, terutama kuning telur, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengingat kondisi tubuh setiap orang berbeda.

0 Komentar

Belum ada komentar