Sukses

Bolehkah Mengobati Radang Sendi Sendiri?

Rasa nyeri akibat radang sendi sering kali membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Karena itu, cara penanganannya pun harus tepat.

H2 Health & Happiness

KlikDokter.com - Radang sendi umumnya dialami oleh wanita yang telah berusia lanjut. Selain itu, orang yang obesitas, memiliki keturunan radang sendi, dan mengalami cedera sebelumnya pun rentan terkena penyakit tersebut. Gejala radang sendi sering kali sangat mengganggu aktivitas dan dapat menurunkan kualitas hidup. Oleh karena itu, penyakit tersebut memerlukan penanganan yang tepat dan tidak boleh ditunda-tunda.

Gejala dan Jenis Radang Sendi

Gejala yang sering dialami adalah nyeri, kaku, bengkak, dan kemerahan pada sendi. Selain itu, pergerakan sendi yang terkena juga terbatas. Gejala-gejala tersebut umumnya akan memberat seiring bertambahnya usia.

Jenis radang sendi yang paling banyak dialami adalah osteoartritis dan reumatoid artritis. Osteoartritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh “ausnya” bantalan dan cairan sendi seiring bertambahnya usia. Jenis radang tersebut juga banyak dipengaruhi oleh berat badan berlebih. Sementara itu reumatoid artritis terjadi akibat penyakit autoimun yang menyerang selaput sendi.

Pengobatan Radang Sendi

Pengobatan yang dapat dilakukan bermacam-macam. Bisa menggunakan obat oles, minum, suntik, hingga operasi untuk yang sudah berat. Sebagian besar pengobatan memang baru bisa didapatkan melalui konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Namun, jika rasa nyeri sudah membuat tidak nyaman tetapi belum sempat mengunjungi dokter, bolehkah kita mengobati sendiri? Atau, adakah terapi yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk mencegah dan meringankan radang sendi?

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah menurunkan berat badan. Penurunan berat badan akan meringankan beban sendi, sehingga dengan sendirinya akan meringankan gejala radang sendi.

Lakukanlah olahraga ringan secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Berenang adalah olahraga yang paling ramah untuk sendi, karena air dapat “mengangkat” berat badan Anda sehingga mengurangi beban sendi selama Anda berolahraga.

Ketika radang sendiri sedang menyerang, gunakan kompres hangat atau kompres dingin untuk meredakan gejala. Anda juga dapat mengoleskan krim antinyeri yang berefek hangat pada sendi yang terkena.

Namun jika radang sendi yang dialami masih belum teratasi, tetap sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

0 Komentar

Belum ada komentar