Sukses

4 Jenis Asupan Makanan untuk Penderita Anemia

Apa saja asupan makanan yang cocok untuk penderita anemia? Berikut ulasannya.

KlikDokter.com - Anemia atau kurang darah adalah kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (sel pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan penting dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh.

Anemia dapat dikategorikan ke dalam 3 kelompok, yakni:

  1. Anemia karena kehilangan darah (pendarahan).
  2. Anemia karena berkurangnya atau bahkan kegagalan produksi hemoglobin yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi zat besi, vitamin dan mineral, kelainan sumsum tulang serta karena keturunan (genetik).
  3. Anemia karena rusaknya sel darah merah, dimana sel darah merah mudah pecah karena tidak sanggup menahan tekanan di dalam sirkulasi darah atau yang disebut hemolytic anemia.

Terdapat beberapa jenis asupan makanan untuk penderita anemia, yakni:

1. Asupan makanan untuk penderita anemia: Daging

Selain kaya akan zat besi, daging juga dapat meningkatkan hemoglobin. Selain itu, daging juga mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsi daging karena dapat membuat risiko serangan jantung bertambah. Konsumsilah daging rendah lemak dengan menu asupan yang seimbang dan sesuai.

2. Asupan makanan untuk penderita anemia: Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan penambah darah. Akan tetapi, tidak semua sayuran dapat digunakan sebagai asupan makanan untuk penderita anemia. Sayuran yang digunakan sebagai asupan makanan untuk penderita anemia adalah bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Dari sekian banyak sayuran, ubi adalah obat alami yang paling baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah, karena ubi mengandung zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.

3. Asupan makanan untuk penderita anemia: Hati

Hati adalah sumber makanan yang kaya zat besi. Hati ayam (100 gram) mengandung 9 mg zat besi. Di sisi lain, hati sapi mengandung jauh lebih sedikit kalori dibandingkan dengan jenis hati lainnya dan merupakan sumber zat besi serta rendah kolesterol.

4. Asupan makanan untuk penderita anemia: Tiram

Kerang, tiram, dan udang merupakan sumber zat besi. Makanan laut secara keseluruhan memberikan beberapa manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan hingga mencegah terjadinya penyakit.

0 Komentar

Belum ada komentar