Sukses

5 Penyebab Nyeri Pada Ulu Hati

Kenali penyebab terjadinya nyeri pada ulu hati yang mungkin Anda rasakan.

KlikDokter.com - Pernahkah Anda merasakan nyeri pada ulu hati? Nyeri pada ulu hati adalah nyeri yang berasal dari perut bagian atas, tepatnya di bawah pertemuan 2 tulang iga. Apa saja 5 penyakit yang paling sering menjadi penyebab terjadinya nyeri pada ulu hati? Mari kita simak ulasannya.

1. Gastritis

Penyakit ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Gastritis adalah peradangan pada dinding lambung akibat tingginya produksi asam lambung. Peradangan dalam waktu lama dan ditambah dengan adanya infeksi bakteri helicobacter pylori akan menyebabkan tukak, yakni rusaknya dinding lambung/usus kecil. Ketika makan, nyeri yang khas akan dirasakan pada tukak lambung. Sedangkan pada tukak usus kecil, nyeri biasanya dirasakan 2-3 jam setelah makan. Apabila perlukaan dinding lambung/usus kecil terjadi dalam waktu yang lama, maka akan ditemukan gejala muntah darah atau cairan kehitaman.

2. Gastrointestinal Reflux Disease (GERD)

Kondisi GERD ditandai dengan adanya rasa terbakar/panas di daerah ulu hati dan dada. akibat GERD biasanya dirasakan semakin memburuk apabila terlalu cepat berbaring setelah makan atau melakukan posisi menunduk. Hal tersebut disebabkan oleh asam lambung yang terdorong ke arah kerongkongan sehingga menyebabkan peradangan dan rasa terbakar.

3. Penyakit pankreas

Peradangan pankreas mempunyai gejala hebat yang dirasakan menjalar sampai ke punggung. Selain itu, terdapat juga gejala kuning, nyeri perut hebat, berdebar dan perubahan warna di daerah perut.

4. Kelainan empedu

Batu empedu atau peradangan kantung empedu juga akan menghasilkan gejala . Nyeri juga akan dirasakan pada bagian perut kanan atas, menjalar ke bahu dan akan semakin terasa dirasakan terutama setelah makan makanan berlemak.

5. Kanker lambung dan pankreas

Kanker lambung dan pankreas biasanya menyerang orang yang berusia > 55 tahun dan orang yang mempunyai kebiasaan merokok. Selain , gejala lain yang dirasakan adalah demam, penurunan berat badan dan tidak nafsu makan.

Nyeri pada ulu hati biasanya bukan merupakan suatu yang berbahaya. Namun apabila nyeri pada ulu hati disertai gejala nyeri dada (dada terasa seperti ditindih), nyeri yang dirasakan menjalar ke bahu atau tangan, sesak napas hebat dan muntah, Anda harus segera membawa diri Anda kerumah sakit karena dapat mengancam jiwa Anda. Hal ini disebabkan karena gejala-gejala tersebut merupakan gejala serangan jantung yang mempunyai nyeri alih kedaerah ulu hati.

0 Komentar

Belum ada komentar