Sukses

Jangan Lupakan 4 Nutrisi Ini Saat Hamil

Nutrisi pada ibu hamil merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Karenanya, dengan meperhatikan nutrisi kehamilan, tidak hanya sang ibu saja yang akan sehat, melainkan sang janin juga. Berikut ulasan lengkapnya.

KlikDokter.com - Nutrisi untuk kehamilan merupakan faktor terpenting selama masa kehamilan demi menjaga kesehatan janin selama di dalam kandungan. Untuk mengetahui asupan makanan yang sehat dan bergizi untuk memenuhi nutrisi kehamilan sang ibu, diperlukan informasi mengenai makanan apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan. Kebutuhan gizi nutrisi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam setiap semester bulannya bertambah seiring dengan bertambahnya umur kehamilan sang ibu.

Tujuan pemberian nutrisi kehamilan untuk kesehatan janin selama kehamilan adalah sebagai berikut:

  • Memenuhi kebutuhan bagi ibu dan bayi dalam kandungannya selama masa kehamilan.
  • Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.
  • Sebagai sumber tenaga bagi ibu dan janinnya.
  • Mengurangi komplikasi dan resiko pada ibu hamil seperti halnya perdarahan post partum.
  • Mencegah terjadinya berat badan lahir rendah (BBLR) dan berat badan lahir sangat rendah pada janin.
  • Menghindari dan mencegah terjadinya infeksi pada waktu persalinan

Beberapa zat yang dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi kehamilan agar mendapatkan kesehatan selama masa kehamilan adalah sebagai berikut:

1. Karbohidrat

Fungsi Karbohidrat untuk nutrisi kehamilan adalah sebagai energi, dan energi ini sangat berguna untuk pertumbuhan janin, jaringan payudara, dan membentuk plasenta. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat untuk memenuhi nutrisi kehamilan adalah nasi, kentang, roti, oatmeal/havermout, pasta.

2. Protein

Protein sangat dibutuhkan untuk terpenuhinya nutrisi kehamilan bagi ibu hamil, berikut fungsinya:

  • Sebagai zat pembangun atau pembentuk serta memperbaiki jaringan tubuh pada janin seperti otot, tulang, mata kulit, jantung dan hati.
  • Berperan dalam pembentukan darah
  • Membantu pembentukan darah, cairan ketuban dan sel-sel janin agar sempurna
  • Berguna dalam pertumbuhan jaringan dan plasenta bahkan otak

Jenis makanan yang mengandung protein sebagai salah satu nutrisi kehamilan yang harus dikonsumsi ibu hamil adalah daging ayam, daging sapi, telur, tahu dan tempe.

3. Sayuran

Sayuran selain banyak nutrisinya, sayuran juga kaya akan serat yang memiliki banyak manfaat. Untuk ibu hamil, sayuran dapat berguna sebagai nutrisi kehamilan untuk melancarkan pencernaan, memberi asupan zat besi, dan meningkatkan sistem imun pada tubuh.

4. Buah-buahan

Buah-buahan sangat baik untuk ibu hamil dan sang janin. Manfaat buah-buahan sebagai nutrisi kehamilan diantaranya untuk mencegah terjadinya sembelit, menambah kekebalan tubuh, mencegah terjadinya infeksi, dan membantu perkembangan pada janin. Contoh buah-buahan yang harus dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi kehamilan adalah jeruk, alpukat, pisang, apel, mangga dan lain-lain.

0 Komentar

Belum ada komentar