Sukses

Mencegah Agar Rematik Tidak Kambuh

Rematik memang dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kemungkinan penyakit tersebut kambuh. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com - Sering kali rematik ditandai dengan rasa nyeri dan kaku pada  persendian, otot, dan tulang. Untuk mencegah kekambuhan atau mengurangi sakit, penting bagi penderitanya untuk melakukan pola hidup sehat. Berikut adalah empat cara untuk menurunkan kemungkinan rematik Anda kambuh:

  • Melakukan olahraga secara rutin

Siapa bilang Anda tidak boleh melakukan olahraga saat mengalami rematik? Jika dilakukan dengan tepat, olahraga akan membuat rasa sakit akibat rematik berangsur-angsur hilang. Selain itu sendi-sendi tubuh akan menjadi fleksibel. Fokuskan latihan pada sendi-sendi tubuh, namun jangan terlalu berat karena justru bisa menimbulkan cedera dan memperparah kondisi.

  • Jangan memposisikan sendi dalam satu posisi terlalu lama

Hindari melakukan gerakan yang membuat persendian tertekan semakin kuat. Jika Anda melakukan hal ini, maka persendian akan mudah bengkak dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Biasakan diri untuk menggerakkan sendi secara konstan, jangan membiarkan sendi pada posisi yang sama terlalu lama.

Berikut tips mencegah rematik lainnya yang wajib Anda ketahui, selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Mencegah Agar Rematik Tidak Kambuh

Neuralgin Rhema

  • Menjaga nutrisi

Untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan sendi, perbanyak jumlah buah-buahan dan sayuran dalam piring Anda. Kurangi konsumsi daging. Singkirkan lemak jenuh dengan lemak yang lebih sehat, yang bisa ditemukan pada minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 juga terbukti mengurangi peradangan, di antaranya adalah salmon, sarden, biji-bijian, dan bawang putih.

  • Mengurangi stres

Penelitian menunjukkan pentingnya sikap psikologis dalam meredakan sakit akibat radang sendi. Jika menderita radang sendi, Anda harus bisa belajar memahaminya. Jangan memaksakan diri mengerjakan semua hal saat Anda tidak merasakan sakit. Hal ini akan membuat Anda kelelahan dan kesakitan di hari berikutnya. Lakukan sedikit demi sedikit setiap hari, baik saat mengalami sakit ataupun tidak.

0 Komentar

Belum ada komentar