Sukses

Pentingnya ASI sebagai Langkah Awal Kecerdasan Si Kecil

Berikan ASI untuk membentuk kecerdasan Si Kecil sejak dini.

KlikDokter.com - Bunda tentunya menginginkan buah hatinya tumbuh sehat, kuat, dan cerdas. Tidak hanya pertumbuhan secara fisik, perkembangan kecerdasan si Kecil pun sedang melaju pesat pada usia 0 hingga 2 tahun. Oleh karena itu, berikanlah nutrisi yang tepat sejak dini untuk menunjang pertumbuhan otaknya.

ASI adalah makanan terbaik bagi Si Kecil. Di dalamnya terkandung segala jenis zat yang diperlukannya. Karena begitu besarnya manfaat ASI, WHO (Badan Kesehatan Dunia) merekomendasikan agar seorang ibu memberikan ASI eksklusif selama enam bulan. Setelah itu Si Kecil mulai dapat diberikan makanan padat pendamping, sementara ASI tetap dilanjutkan hingga usia dua tahun.

Telah banyak penelitian mengungkapkan bahwa Si Kecil yang mendapatkan ASI secara eksklusif memiliki skor IQ lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan ASI. Tidak hanya kecerdasan kognitif, kemampuan berbahasa dan kecerdasan mental anak yang mendapatkan ASI juga ditemukan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Demikian pentingnya ASI, hingga penelitian yang dilakukan di Brown University mengungkapkan hal Senada. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pentingnya ASI sebagai Langkah Awal Kecerdasan Si Kecil

Morinaga Platinum

Sebuah penelitian yang diadakan oleh Brown University, Amerika, menemukan bahwa perkembangan massa putih otak bayi yang mendapat ASI eksklusif lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Massa putih otak ini berperan penting dalam kecerdasan kognitif, bahasa, visual, keterampilan motorik, dan perilaku. Hal tersebut diketahui dengan melakukan pemeriksaan MRI otak pada 133 anak yang berusia 10 bulan hingga 4 tahun.

Meskipun belum sepenuhnya dapat dimengerti, para ahli yang melakukan penelitian tersebut menyimpulkan bahwa hal tersebut dimungkinkan karena kandungan ASI yang kaya akan asam lemak DHA (docosahexaenoic acid) dan AA (arachidonic acid).

Bahkan pemberian ASI eksklusif pada empat minggu pertama kehidupan bayi masih dapat dirasakan manfaatnya sampai anak duduk di bangku sekolah menengah, demikian diungkapkan oleh peneliti dari Universitas Oxford, Inggris.

Tidak hanya menyehatkan, menyusui juga mencerdaskan anak. Dalam penelitian tersebut, anak-anak yang disusui ASI lebih baik dalam bidang pelajaran dibandingkan dengan anak-anak yang mendapatkan susu formula ketika berusia 5, 7, 11, dan 14 tahun. Bidang pelajaran yang diteliti adalah membaca, menulis, dan matematika.

Selain beberapa penelitian di atas, masih banyak lagi peneltian lain yang mengemukakan pentingnya ASI bagi perkembangan otak Si Kecil. Oleh karena itu, tunggu apa lagi, ayo berikan ASI kepada Si Kecil!

0 Komentar

Belum ada komentar