Sukses

Ciri-ciri Penyakit Maag Kronis

Maag ada yang akut, dan ada yang kronis. Khusus yang maag kronis, ada tanda khusus yang bisa dikenali. Berikut penjelasan dr. Mega Putri di sini.

KlikDokter.com – Maag, atau dalam medis dikenal dengan istilah gastritis kronis adalah peradangan atau inflamasi pada dinding atau lapisan lambung yang sudah terjadi menahun atau orang dengan gastritis dan tidak diobati dengan benar maka terjadi gastritis kronis. Gastritis pada umumnya merupakan hal yang banyak dijumpai pada masyarakat 3 dari berbagai usia, jenis klamin, maupun profesi.

Secara kondisi (histopatologis), klasifikasi gastritis kronik di dasari pada perubahan pada berbagai mukosa (lapisan) lambung, derajat dan aktifasi gastritis serta jenis metaplasia. Menurut Strikland dan Mackey, klasifikasigastritis kronikterbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Gastritis kronik tipe A

Gastritis tipe ini diduga terjadi dikarenakan proses immunologik tidak bergejala dan lebih dari 20% menyebabkan anemia pernisiosa.

  • Gastritis kronik tipe B

Terjadi karena iritasi kronis dalam waktu yang lama.

  • Gastritis kronik tipe AB

Adalah gabungan dari tipe A dan tipe B.

Gastritis kronis paling sering disebabkan oleh karena infeksi bakteri Helicobacter pylori. Lalu bagaimana dengan pengobatan gastritis kronis? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya:

1 dari 2 halaman

Ciri-ciri Penyakit Maag Kronis

Promag Ahlinya Lambung

Pengobatan untuk gastritis kronis yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori dapat diberikan kombinasi dari tiga obat, yaitu dua antibiotik dan satu Proton Pump Inhibitor (PPI). Antibiotik yang biasa digunakan adalah chlarithromycin, amoxicillin, dan metronidazole.

Selain bakteri Helicobacter pylori, ada berbagai macam penyebab timbulnya gastritis kronis, diantaranya adalah:

o   Refluks cairan empedu (arus balik cairan empedu dari usus halus ke dalam lambung).

o   Kondisi yang mendasari, seperti anemia pernisiosa (anemia akibat lambung tidak mampu mencerna vitamin B12).

o   Konsumsi alkohol yang berlebihan.

o   Pemakaian narkoba jenis kokain.

Pada beberapa orang gastritis kronis bisa saja tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, terdapat juga beberapa gejala yang sering dialami, diantaranya adalah :

  • Nyeri perut bagian atas
  • Gangguan pencernaan atau kembung
  • Mual dan muntah
  • Sendawa
  • Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan

Nyeri perut pada gastritis kronis bisa terjadi terus menerus dan tidak mudah hilang, atau bisa juga tidak merasakan nyeri sama sekali. Gejala lainnya bisa saat makan beberapa suap namun sudah merasa kenyang.

Pada kasus yang lebih ekstrim, bisa juga terjadi perdarahan pada lambung dan / atau tinja berwarna hitam. Segera berobat ke dokter jika terdapat gejala tersebut, yaitu tinja berwarna hitam, muntah darah, atau terdapat nyeri perut yang terjadi secara terus menerus.

0 Komentar

Belum ada komentar