Sukses

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Berikut ini perawatan utama dan makanan yang wajib Anda tahu untuk kesehatan kulit agar terlihat awet muda.

KlikDokter.com – Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. 

Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi dan perawatan kulit memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit secara keseluruhan dari dalam dan luar tubuh.

Makanan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut  dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan:

  1. Sayuran Hijau dan Kuning

Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit.

  1. Ikan

Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperlukan untuk pembentukan kulit yang sempurna. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial omega-3. Omega-3 ini dapat membantu mengurangi kerutan kulit.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan telah diteliti dapat melindungi kulit dari kerusakan.

Selain dari dalam, kesehatan kulit juga perlu dirawat secara seksama dari luar. Menjaga kesegaran dan kelembapan kulit setiap saat sangat penting agar kerutan tidak muncul lebih dini.

Milikilah waktu rutin untuk membersihkan kulit. Mandi merupakan kunci penting untuk mendapatkan kulit yang sehat. Namun, alih-alih menyehatkan kulit, cara mandi yang salah malah dapat merusak kulit, menghilangkan kelembapan kulit, dan membuat kerutan muncul lebih cepat! Untuk itu pastikanlah bahwa Anda mandi dengan benar: Perhatikan 3 unsur berikut ini, agar ritual mandi Anda tidak menjadi bumerang!

Selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Dove Soap Bar

3 elemen penting mandi yang benar:

  1. Air

Bersihkanlah kulit dengan lembut saat mandi dengan menggunakan air bersuhu hangat suam-suam kuku atau dingin. Hindari suhu air yang terlalu panas karena dapat membuat kulit kering dan teriritasi.

  1. Sabun

Bersihkanlah kulit dengan menggunakan sabun yang tepat. Pilihlah sabun yang mengandung pelembap tinggi. Kulit yang lembap cenderung lebih sehat karena tidak mudah luka atau lecet dan lebih kuat dalam menghadapi infeksi kulit. Selain itu, kulit yang bermasalah juga dapat menjadi lebih sehat jika kelembapannya terjaga.

  1. Handuk

Proses mengeringkan kulit setelah mandi juga tidak boleh dianggap sepele. Pilihlah handuk yang lembut agar tidak mengiritasi kulit. Selain itu, jangan mengeringkan kulit dengan menggosok terlalu keras. Tepuk-tepuklah kulit dengan lembut saat mengeringkan kulit.

Kesehatan kulit kita sangat bergantung pada perawatan dari dalam dan luar kulit. Jadi, perhatikanlah dengan seksama apa yang kita makan, minum, dan gunakan untuk perawatan kulit kita!

0 Komentar

Belum ada komentar