Sukses

Cara Awet Muda ala Dokter

Usia 20-an, tapi tampak 30-an? Bagaimana agar tidak menua lebih cepat dari seharusnya? Berikut saran dan tips dari dr. Jessica Florencia untuk kulit lebih awet muda.

KlikDokter.com - Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih. 

Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.

Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.

Sesuai dengan konsep ini juga, untuk memastikan usia biologis sesuai atau lebih muda, maka perlu mencegah proses penuaan terjadi lebih dini, dengan menjalankan pola hidup sehat secara keseluruhan mulai dari pola makan, pola olahraga, dan pola istirahat. Pasalnya, 80% penyebab penuaan dini sebenarnya dapat dikontrol dan dicegah.

Karena proses penuaan ini paling awal terlihat pada kulit, maka kita tidak boleh mengabaikan perawatan kulit agar tidak menua lebih cepat. Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter, selengkapnya di halaman selanjutya.

1 dari 2 halaman

Cara Awet Muda ala Dokter

Dove Soap Bar

Berikut beberapa kiat yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini ala dokter:

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi

Penggunaan pelindung fisik dan tabir surya dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Selain itu penggunan produk kulit dengan antioksidan atau konsumsi makanan dengan antioksidan dapat membantu mencegah proses penuaan kulit karena pengaruh sinar matahari dan polusi.

  1. Membersihkan dan melembapkan kulit

Menjaga kebersihan kulit dan kelembapannya dapat membantu kulit mengatasi kerutan muncul lebih cepat. Kulit yang sehat, terhindar dari infeksi dan kondisi kering dapat lebih mudah melawan faktor penuaan. Untuk itu, mandi yang rutin dengan menggunakan sabun yang lembut dan mengandung pelembap merupakan tindakan pencegahan yang tidak boleh disepelekan.

  1. Mengobati masalah kulit dengan segera

Berbagai masalah kulit yang dapat membuat kulit bermasalah harus segera ditangani dengan seksama. Jerawat, iritasi, dan alergi sebaiknya tidak disepelekan. Setelah beberapa waktu tidak dapat diatasi dengan pengobatan sendiri, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk perawatan yang lebih intensif.

  1. Memastikan asupan yang tepat

Air minum dan makanan yang sarat vitamin dan antioksidan dapat membantu kulit melawan faktor penuaan dengan lebih baik. Kulit yang terhidrasi dan ternutrisi dengan baik tidak akan menua secepat kulit yang tidak terhidrasi maupun ternutrisi dengan baik.

Selain itu, istirahatlah yang cukup dan hindari stres sedapat mungkin untuk kesehatan kulit dan tubuh yang lebih baik!

0 Komentar

Belum ada komentar