Sukses

Apakah Bawang Berpengaruh Terhadap Gastritis?

Simak di sini bagaimana fakta bawang ternyata memberikan manfaat kesehatan pencernaan Anda.

KlikDokter.com - Meskipun bawang dapat menyebabkan gas, namun bawang memiliki nutrisi yang dapat membantu bagi orang-orang dengan penyakit perut tertentu, seperti gastritis. Gejala dari gastritis dapat berupa mual, nyeri perut, gangguan pencernaan dan juga muntah.

Gastritis adalah peradangan yang terjadi pada lapisan lambung. Penggunaan dalam jangka panjang obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) rentan terhadap kondisi gastritis ini. Penyebab umum lainnya dari gastritis adalah infeksi dari bakteri Helicobacter pylori. Bakteri tersebut dapat menular melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Bakteri Helicobacter pylori selain dapat menyebabkan gastritis, juga bisa berkembang menjadi tukak lambung (luka lambung) atau bahkan kanker lambung, jika tidak ditangani dengan baik.

Bawang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Helicobcter pylori. Oleh karena itu, penderita gastritis dapat mengkonsumsi bawang bersama dengan makanan yang bermanfaat lainnya, seperti apel, seledri, cranberry dan jus cranberry. Selain itu, asupan tinggi bawang putih, termasuk daun bawang dan bawang merah, dapat membantu melindungi terhadap kanker lambung dan kanker kolorektal.

Tapi, penting untuk Anda ketahui. Tidak semua hidangan bawang dapat menguntungkan bagi penderita gastritis. Halaman berikut penjelasan selengkapnya;

1 dari 2 halaman

Apakah Bawang Berpengaruh Terhadap Gastritis?

Promag Ahlinya Lambung

Tidak semua hidangan bawang dapat menguntungkan bagi penderita gastritis. Karena makanan yang digoreng dapat meningkatkan peradangan pada lapisan lambung, oleh karena itu konsumsi bawang goreng tidak dianjurkan. Hindari makanan yang digoreng tersebut dan tetap mengkonsumsi bawang segar, buah-buahan segar dan sayuran lainnya. Makanan olahan, seperti roti putih dan makanan ringan rendah serat, juga pilihan yang tidak baik bagi orang dengan gastritis. Selain itu, minuman yang meningkatkan produksi asam dan dapat mengiritasi lapisan lambung, seperti alkohol dan minuman berkarbonasi juga sebaiknya dihindari. Teh, bagaimanapun, bekerja dengan cara yang sama seperti bawang segar, yaitu dapat menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori.

Dibandingkan dengan makanan kaya antioksidan lainnya seperti apel dan teh, bawang adalah makanan yang bermanfaat bagi orang-orang dengan gastritis karena memiliki kandungan quercetin, yaitu sejenis flavonoid, yang paling mudah diserap dari bawang. Bawang dapat digunakan dalam makanan sehari-hari untuk menu makanan dirumah Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar