Sukses

Asam Lambung? Awas Hindari Dulu Asam Sitrat!

Pernah dengar asam sitrat? Sering ditambahkan pada minuman kemasan, tapi terdapat juga pada buah-buahan alami. Hindari dulu asam sitrat jika Anda memiliki riwayat asam lambung.

KlikDokter.com - Refluks asam bisa menyakitkan dan sering dikaitkan dengan gejala sensasi terbakar pada dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan atau biasa disebut dengan heartburn. Hal ini dapat terjadi ketika asam lambung didorong naik sampai ke kerongkongan. Selama episode refluks asam, biasanya akan terasa makanan atau muntahan atau cairan asam lambung didalam mulut atau bisa juga merasakan gejala heartburn. Selain itu, asam sitrat juga dapat menyebabkan terjadinya peningkatan asam lambung.

Ada dua sfingter atau katup yang dapat mempengaruhi refluks asam. Sfingter yang berada antara esophagus (kerongkongan) dan lambung yang berfungsi untuk mencegah asam lambung naik kembali ke atas. Sphincter kedua terletak di esofagus dekat dengan tenggorokan. Sfingter ini dapat membuka pada waktu yang tidak tepat atau tidak dapat menutup sepenuhnya, sehingga memungkinkan asam lambung untuk naik ke kerongkongan. Refluks asam dapat berubah menjadi kondisi yang disebut penyakit gastroesophageal reflux atau GERD. Banyak wanita hamil memiliki gejala heartburn, atau asam refluks. Dalam fase kehamilan, bayi memberikan tekanan pada lambung, sehingga dapat menyebabkan asam lambung untuk terdorong ke atas.

Asam sitrat secara alami ada dalam buah jeruk. Asam sitrat juga digunakan untuk penambah rasa pada makanan atau minuman lain seperti untuk minuman ringan, minuman jus, maupun permen.

Lalu makanan lainnya apa saja yang mengandung asam sitrat? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Asam Lambung? Awas Hindari Dulu Asam Sitrat!

Promag Ahlinya Lambung

Lemon, limau, jeruk, dan anggur memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi, sementara buah golongan berry memiliki kandungan asam sitrat kategori sedang, seperti stroberi, raspberry, cranberry, dan gooseberry. Jus minuman yang mengandung buah jeruk yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan refluks asam juga. Banyak orang dengan refluks asam mungkin dapat mentolerir buah nanas atau apricot, dikarenakan kandungan asam sitrat dalam buah tersebut tidak cukup tinggi. Tidak hanya asam sitrat ditemukan dalam minuman jus, tetapi juga dalam minuman berkarbonasi. Hal ini ditambahkan ke minuman ringan untuk menambah rasa, sehingga minuman berkarbonisasi juga dapat memicu terjadinya refluks asam.

0 Komentar

Belum ada komentar