Kesehatan Anak

Waktu yang Tepat Memberikan Multivitamin untuk Anak

dr. Melyarna Putri, 03 Jul 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kapankah Waktu yang Tepat Memberikan Multivitamin untuk Anak? Karena jika gagal terpenuhi, maka poses tumbuh kembang anak ikut pula terancam gagal.

Waktu yang Tepat Memberikan Multivitamin untuk Anak

Vitamin memerankan fungsi penting di tubuh. Adanya risiko kekurangan vitamin pada anak harus diketahui sedini mungkin. Gejala kekurangan vitamin pada anak dapat dilihat dari keluhan klinis yang ada, antara lain:

  • Kekurangan vitamin A akan menimbulkan gejala kelainan penglihatan dan meningkatkan risiko penyakit yang bahkan dapat menimbulkan kematian seperti diare dan campak
  • Kekurangan vitamin B akan menimbulkan gejala anemia (kekurangan sel darah merah), pucat, letih, lesu, dan sakit kepala
  • Kekurangan vitamin C akan menimbulkan gejala gusi mudah berdarah, sariawan, dan lesu
  • Kekurangan vitamin D akan menimbulkan gejala yang dikenal dengan riketsia, yaitu kondisi dimana pembentukan mineralisasi tulang tidak maksimal

Artikel Lainnya: Efek Samping Vitamin untuk Anak yang Mengandung Bahan-Bahan Ini

Berapakah sebenarnya kebutuhan harian vitamin anak? Untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin pada anak, pada tabel berikut menjelaskan kebutuhan vitamin harian pada anak.

Kapankah Waktu yang Tepat Memberikan Multivitamin untuk Anak?

efek samping suplemen multivitamin untuk anak

Vitamin

Jumlah yang dianjurkan

A (mikrogram)

800 mikrogram/hari (1-3 tahun)

D (mikrogram)

25 mikrogram/hari (0-2 tahun)

E (miligram)

10 miligram/100 kcal

B3 (niasin)

2 miligram/hari (1-3 tahun)

B6 (piridoksin)

5 miligram/hari (1-3 tahun)

Asam folat

200 mikrogram/hari (1-3 tahun)

C (miligram)

30 miligram/100 kcal


Lalu, kapan saat yang tepat untuk memberikan vitamin pada anak? Apabila kita tidak yakin apakah asupan makanan anak sudah mencukupi kebutuhan nutrisinya, maka umumnya pemberian multivitamin anak dapat diberikan pada usia diatas 1 tahun untuk mengoptimalkan nutrisi dan tumbuh kembangnya.

Artikel Lainnya: Orang Dewasa Minum Vitamin Anak-anak, Adakah Manfaatnya?

Buku Health for All Children edisi ke 4 menyatakan hal yang sama bahwa pemberian multivitamin dapat dimulai pada usia 1 tahun terutama pada anak yang vegetarian atau kurang asupan protein hewani. Sedangkan menurut sumber lain, “Weaning and the weaning diet “ menganjurkan pemberian vitamin dibedakan atas tiga kelas, yaitu:

  1. Bayi dengan ASI
  2. Suplementasi vitamin A dan vitamin D dimulai pada usia 6 bulan sampai dengan usia 5 tahun
  3. Bayi dengan susu formula < 500 ml/hari
  4. Suplementasi vitamin A dan vitamin D dimulai usia 6 bulan hingga 5 tahun
  5. Anak secara umum
  6. Sebaiknya suplementasi vitamin A dan vitamin D dimulai usia 1 tahun hingga 5 tahun kecuali sangat yakin bahwa asupan makanan cukup dan mendapat sinar matahari cukup. Sinar matahari diperlukan untuk membantu agar vitamin D dapat diolah oleh tubuh.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter KlikDokter.com di laman website kami.

Info Nutrisi

Konsultasi Dokter Terkait