Sukses

Ini Akibatnya Jika Mengunyah Makanan Terlalu Cepat

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengunyah dengan cepat? Jika ya, sebaiknya Anda segera mengubah kebiasaan tersebut.

KlikDokter.com - Banyak orang yang mengunyah makanan dengan cepat – apalagi jika sedang terburu-buru – tanpa mengetahui bahwa hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa akibat yang timbul jika mengunyah makanan terlalu cepat:

  • Menaikkan Berat Badan

Otak dan perut (lambung) melakukan kerja sama saat kita makan, yaitu perut akan menyampaikan sinyal kenyang ke otak dan dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengantarkan sinyal tersebut. Jadi, jika Anda makan dan mengunyah makanan dengan cepat, otomatis lambung akan terisi penuh makanan lebih cepat sebelum sinyal kenyang disampaikan. Hal ini menyebabkan Anda makan lebih banyak dan mengonsumsi kalori berlebih, sehingga berat badan akan naik.

Kebiasaan makan dengan cepat juga akan memaksa otot lambung untuk lebih meregang dan membesar. Semakin sering makan dengan cepat, maka otot lambung akan mudah untuk meregang, sehingga semakin hari semakin banyak makanan yang dibutuhkan untuk bisa merasa kenyang.

  • Tertelannya Udara

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan tertelannya udara ke dalam lambung. Hal ini terjadi karena porsi dalam sekali suap cenderung lebih besar dan akibatnya udara yang ikut masuk bersama makanan juga dalam jumlah yang lebih besar. Udara yang tertelan dan masuk ke dalam lambung akan menyebabkan gangguan pencernaan, misalnya perut kembung.

Halaman selanjutnya penjelasan dampak dari mengunyah terlalu cepat selengkapnya:

1 dari 2 halaman

Ini Akibatnya Jika Mengunyah Makanan Terlalu Cepat

Promag Ahlinya Lambung

  • Gangguan Pencernaan

Makan dengan cepat juga dapat mengganggu pencernaan pada lambung. Hal ini dikarenakan proses penghancuran makanan pada mulut tidak terjadi secara benar, maka proses pencernaan pada lambung akan bekerja lebih keras lagi dari biasanya sebelum didistribusikan ke seluruh tubuh.

  • Tidak Peka

Orang yang terbiasa makan dengan cepat, maka bisa menjadi tidak peka terhadap sinyal lapar dan kenyang. Jika hal ini terjadi, Anda akan dapat makan kapanpun sesuai dengan emosi, dan bukan karena sinyal lapar yang dikeluarkan oleh tubuh. 

0 Komentar

Belum ada komentar