Sukses

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Tidak hanya baik untuk pencernaan, yoghurt juga memiliki sejumlah keutamaan untuk kesehatan kulit.

KlikDokter.com – Yoghurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan oleh bakteri asam laktat. Selain mempunyai rasa yang unik, yoghurt juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Bakteri yang terdapat di dalam yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt biasanya ditambahkan Lactobacillus acidophilus, agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan.

Beberapa keutamaan dari yoghurt, di antaranya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit (patogen), meningkatkan sistem imun, dan mengurangi kolesterol pada darah. Di balik itu semua, ketika dioleskan pada kulit, yoghurt juga memiliki manfaat yang tak kalah luasnya. Bahkan yoghurt mulai banyak digunakan sebagai masker wajah.

Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehatan kulit? Simak penjelasannya di halaman berikut ini:

1 dari 2 halaman

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

H2 Health & Happiness

Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehatan kulit?

Mencegah Penuaan Dini

Yoghurt mengandung asam laktat dan asam alpha hydroxy yang dapat mengatasi kulit kasar dan kering, sekaligus mencegah penuaan dini seperti garis-garis halus, keriput, dan bintik-bintik karena usia. Asam laktat di dalamnya juga dapat membantu menghilangkan kulit mati yang menumpuk di pori-pori. Untuk mencegah penuaan, oleskan susu yoghurt yang telah diolah selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Menyingkirkan Jerawat

Secara alami yoghurt dapat membunuh kotoran yang menyebabkan jerawat, sehingga kulit tetap segar dan bersih. Ini dikarenakan yoghurt tidak hanya mengandung senyawa antibakteri dan antijamur, tetapi juga seng – zat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan noda jerawat. Untuk perawatan wajah berjerawat, oleskan susu skim yoghurt pada daerah yang berjerawat dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Mengurangi Bintik-Bintik Hitam

Yoghurt sangat bagus untuk mengatasi perubahan warna kulit atau bintik-bintik hitam yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Anda bisa menggunakan semua jenis yoghurt plain atau yoghurt alami yang belum dibubuhi zat tambahan. Gunakan pada malam hari sebelum tidur. Caranya, oleskan yoghurt plain secara merata pada kulit wajah dan tunggu hingga 40 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

0 Komentar

Belum ada komentar