Sukses

Depresi Bisa Merusak Kulit

Anda stres? Berhati-hatilah dengan dampaknya pada kulit Anda!

KlikDokter.com – Dampak stres pada kulit tidak main-main. Stres dapat menyebabkan berbagai reaksi kimia dalam tubuh yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Stres juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit yang sudah ada seperti jerawat atau alergi (eksim) menjadi lebih parah.

Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang disebut dengan kortisol dan juga beberapa hormon lainnya yang menyebabkan kelenjar sebasea yang memproduksi sebum (minyak) menjadi lebih aktif sehingga kulit menjadi lebih berminyak. Kulit yang lebih berminyak lebih rentan mengalami masalah.

Untuk itu, penanganan stres yang baik dan benar akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat, cerah dan segar. Selain itu, ketika stres memang tidak dapat dihindari kita dapat mengurangi efek buruknya terhadap kulit dengan melakukan perawatan kulit yang baik.

Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

Depresi Bisa Merusak Kulit

Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres:

1. Tetaplah Merawat Kulit

Meskipun lelah atau sedang stres, tetaplah lakukan perawatan kulit yang rutin sehingga kondisi kulit tetap terjaga. Jagalah kelembapan kulit dengan perawatan sederhana seperti dengan mandi menggunakan sabun yang berpelembap. Jangan gunakan terlalu banyak produk perawatan dan pastikan untuk menggunakan produk perawatan yang tepat dan sesuai untuk jenis kulit.

2. Berolahraga Teratur

Olahraga teratur akan membantu peredaran darah menjadi lebih baik, termasuk ke daerah kulit. Olahraga juga baik untuk kebugaran dan pikiran.

3. Sediakan Waktu Bersantai

Meskipun jika Anda hanya memiliki 10-15 menit sehari, sediakan waktu untuk bersantai. Anda dapat melakukan pemijatan, mandi air hangat atau mendengarkan musik yang lembut.

4. Beri Waktu untuk Hobi

Berilah jadwal untuk melakukan hal yang Anda sukai di sela-sela kesibukan sehingga Anda tidak terus-menerus berada dalam kondisi stres. Namun, jangan biarkan diri Anda terbuai sehingga Anda melupakan tugas-tugas.

5. Tidur yang  Cukup

Orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam setiap hari untuk tidur. Tidur  adalah saat di mana tubuh Anda melakukan perbaikan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kulit Anda.

6. Berlatih Menangani Stres

Jika stres tidak dapat dihindari, Anda perlu belajar bagaimana cara menanganinya dengan baik misalkan dengan pendekatan agama, relaksasi ataupun konseling.

7. Ketahui Batas Diri

Jangan takut untuk berkata “tidak” terhadap sesuatu yang di luar batas kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda menghindari terciptanya tekanan yang tidak dapat Anda atasi.

8. Curhat

Memiliki teman, keluarga atau tenaga medis profesional untuk mendengarkan keluh kesah Anda akan membantu Anda untuk berbagi beban dan membantu Anda melihat suatu permasalahan dari sisi yang berbeda. Mereka mungkin dapat membantu Anda melihat pilihan solusi untuk masalah Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dalam hidup Anda.

Tubuh dan pikiran yang bahagia akan membantu kulit Anda menjadi lebih sehat, berseri, dan bercahaya! 

0 Komentar

Belum ada komentar