Sukses

6 Makanan untuk Kulit Lembut dan Sehat

‘You are what you eat’ adalah pepatah yang tidak hanya berlaku untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kulit.

KlikDokter.com - Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat dan lembut? Pasalnya, kulit telah diketahui sebagai gambaran umum dari status kesehatan tubuh secara keseluruhan dan juga menggambarkan status penuaan. Salah satu faktor yang memegang peranan besar adalah makanan. Apa yang kita makan dapat menggambarkan keadaan kulit kita.

Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa makan yang telah diteliti dan patut mendapat perhatian kita untuk perawatan kulit sehingga dapat membuat kulit lebih sehat dan lembut:

1. Apel

Apel merupakan buah tinggi serat larut yang baik untuk menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Namun, apel juga mengandung banyak vitamin C yang baik untuk menjaga kekenyalan kulit.

2. Kacang Almond

Tinggi serat, magnesium, zat besi, kalsium, vitamin B2 dan vitamin E, kacang almond baik untuk kesehatan kulit dengan mencegah penuaan dini.

3. Bawang Putih

Bawang putih banyak mengandung selenium dan seng yang membantu menjaga elastisitas kulit dan membantu penyembuhan luka yang terjadi pada kulit.

Berikut makanan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

6 Makanan untuk Kulit Lembut dan Sehat

4. Mangga

Mangga diteliti mengandung banyak beta karoten yang memang secara alami berada di dalam kulit. Beta karoten di dalam kulit berguna untuk perlindungan terhadap sinar matahari. Konsumsi makanan yang kaya beta karoten akan memperkaya kandungan beta karoten di dalam kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

5. Rumput Laut

Dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa ekstrak dari beberapa jenis rumput laut dapat mencerahkan kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari.

6. Teh

Teh ditemukan berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker. Kandungan polifenolnya telah diteliti dapat bermanfaat mencegah penuaan dini pada kulit.

Selain makan-makanan yang sehat, berbagai tindakan lain seperti memakai tabir surya, menggunakan sabun berpelembap, dan tidak merokok dapat membantu kulit menjadi lembut, lembap, dan sehat. Nah, tunggu apalagi, konsumsilah makanan-makanan sehat yang mendukung kesehatan kulit Anda. Hindari makanan-makanan cepat saji dan perbanyaklah sayuran serta buah mulai hari ini! 

0 Komentar

Belum ada komentar