Sukses

Tips Atasi Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu. Setiap orang bisa memiliki alergi susu sapi tapi kasus ini lebih banyak ditemukan pada b

Klikdokter.com - Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu.  Setiap orang bisa memiliki alergi susu sapi tapi kasus ini lebih banyak ditemukan pada bayi. Statistik terakhir menyatakan bahwa sekitar 2-3% bayi memiliki alergi terhadap protein susu yang merupakan bahan dasar hampir seluruh susu formula.

Alergi susu sapi berbeda dengan intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah ketika sistem pencernaan bayi tidak terdapatnya enzim laktase sehingga tidak bisa mencerna laktosa atau gula dalam produk susu. Gejalanya adalah sakit perut, kembung, dan diare. Sementara alergi susu terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bayi menyangka susu sapi merupakan sesuatu yang membahayakan dan bereaksi untuk melawannya dengan melepaskan zat kimiawi disebut histamines. Beberapa gejala alergi susu antara lain gangguan pada pencernaan seperti muntah dan diare, gangguan pada kulit maupun saluran pernapasan.

Kabar baiknya adalah alergi susu akan menghilang seiring dengan bertambahnya usia bayi. Namun bukan berarti Anda tidak mewaspadainya. Jika Si Kecil memiliki alergi susu sapi dan sedang dalam masa menyusui, dianjurkan supaya Anda segera membatasi konsumsi seluruh produk yang terbuat dari susu karena protein susu sapi bisa tersalurkan melalui ASI.

Berikut adalah tips untuk mengatasi alergi susu sapi:

1 dari 2 halaman

Atasi Alergi Susu Sapi

Berikut adalah tips untuk mengatasi alergi susu sapi:

  • Mencari sumber lain untuk kebutuhan vitamin dan mineral

Produk susu adalah sumber utama dari kalsium, protein, dan vitamin D dan B12. Jika bayi Anda memiliki alergi susu sapi, makanan pengganti seperti Brokoli, Bayam, dan Kedelai bisa membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

  • Mengganti produk susu

Susu kedelai, nasi, dan susu kacang almond bisa menjadi alternatif pilihan pengganti susu sapi karena dilengkapi dengan kalsium dan vitamin D. Anda bisa juga memberi anak keju dan yogurt sebagai tambahannya.

  • Konsultasi dengan dokter anak

Dalam beberapa kondisi tertentu dan kasus yang tidak terhindarkan, ketika Si Kecil memiliki alergi susu, ada beberapa dokter yang akan merekomendasikan susu formula hidrolisat Formula partially hydrolyzed  (formula terhidrolisa sebagian) guna mencegah timbulnya gejala alergi pada anak yang memiliki risiko alergi karena faktor keturunan, sedangkan formula extensive hydrolyzed (formula terhidrolisa seluruhnya) umumnya diberikan kepada anak yang telah menunjukkan gejala alergi (manifestasi alergi).

  • Menghindari semua produk berbahan dasar susu sapi.

Telitilah label produk kecantikan Anda apakah mengandung susu sapi atau tidak. Bahkan, beberapa obat-obatan juga mengandung susu sapi. 

0 Komentar

Belum ada komentar