HomeInfo SehatMataCegah Keriput Muncul Dini dengan Tertawa
Mata

Cegah Keriput Muncul Dini dengan Tertawa

Klikdokter, 21 Jan 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mungkin Anda belum tahu, bagaimana hubungannya tertawa bisa membuat orang tampak lebih muda? Bukan sekedar soal motto klasik kebahagiaan hidup, simak disini selengkapnya.

Cegah Keriput Muncul Dini dengan Tertawa

KlikDokter.com - Seberapa sering Anda tertawa dalam sehari? Banyak yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat yang paling ampuh dan murah dan bisa mencegah keriput. Bahkan tertawa dijadikan sebagai terapi karena dianggap memiliki kekuatan untuk mempercepat penyembuhan.

Sudah tidak sedikit tulisan yang menjelaskan bagaimana tertawa bisa membuat sehat sekaligus awet muda. Tapi yang mungkin Anda belum tahu adalah apa dan bagaimana hubungannya tertawa bisa membuat orang tampak lebih muda.

Hal yang terpikir pertama adalah aspek kejiwaan, jiwa yang sering tersenyum dan tertawa diyakini memiliki tingkat kebahagiaan lebih tinggi. Benarkah demikian? 

 Berikut ini beberapa manfaat tertawa yang penting untuk diketahui:

Manfaat Tertawa Jangka Pendek

- Menstimulasi banyak organ

Tertawa meningkatkan asupan udara yang kaya oksigen, merangsang jantung, paru-paru dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak.

- Mengaktifkan dan meredakan respons stres 

Tertawa mampu menaikkan denyut jantung. Hasilnya? Anda akan merasa nyaman dan santai ketika tertawa.

- Mengatasi ketegangan

Tertawa dapat merangsang sistem sirkulasi secara menyeluruh, sehingga membantu mengurangi sebagian gejala stres.

Manfaat Tertawa Jangka Panjang

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pikiran negatif menjelma dalam bentuk reaksi kimia yang mampu mempengaruhi tubuh sehingga dapat mengurangi sistem kekebalan. Sebaliknya, pikiran positif dapat melepaskan molekul neuropeptida yang membantu melawan stres dan penyakit-penyakit serius lainnya.

  • Meredakan nyeri

Tertawa dapat mengurangi rasa sakit karena tubuh akan terangsang untuk memproduksi obat pereda sakit alami sendiri.

  • Meningkatkan kepuasan pribadi

Tertawa akan membuat Anda lebih mudah untuk mengatasi situasi sulit. Hal ini juga membantu Anda berhubungan dengan orang lain.

  • Mengubah suasana hati

Banyak orang mengalami depresi, salah satunya disebabkan oleh penyakit kronis. Tertawa dapat membantu mengurangi kecemasan, serta membuat Anda merasa lebih bahagia dan awet muda.

mudaTertawasehatAnti Agingawet

Konsultasi Dokter Terkait