Sukses

Salah Kaprah yang Paling Sering Terjadi Ketika Merawat Kulit

Bisa jadi kesalahannya bukan di produknya, melainkan karena kebiasaan-kebiasaan yang sering kita sepelekan. Simak disini penjelasan dr. Dyah Novita Anggraini disini.

KlikDokter.com – Lho, sudah rajin cuci muka, sudah pakai kosmetik pembersih yang cocok, kok masih kusam juga? Bisa jadi kesalahannya bukan di produknya, melainkan karena kebiasaan-kebiasaan yang sering kita sepelekan.

Pasalnya, sulit dipungkiri kita sering tidak menyadari penyebab kulit tidak sehat antara lain karena pola hidup kita yang secara tidak sengaja dilakukan setiap hari, hal ini baru disadari ketika kita melihat kulit wajah terlihat kusam, terdapat noda hitam di wajah atau kulit tampak kering dan bersisik.

Apa sajakah kebiasaan yang sering kita sepelekan ketika merawat kulit wajah?

Berikut kesalahan yang terkait dengan kesehatan kulit: 

1 dari 8 halaman

1. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur

kulit, sehat, Kebiasaan tidak membersihkan kosmetik sebelum tidur dapat membuat kulit wajah Anda menjadi tidak sehat. Hal ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan kulit, antara lain:

  • pori-pori menjadi lebihbesar,
  • pori-pori menjadi tersumbat oleh kotoran, debu bahkan bakteri
  • debu yang menyumbat pori-pori jadi mengiritasi kulit berulang-ulang dan menghambat regenerasi sel-sel kulit dimana regenerasi kulit terjadi saat kita beristirahat di malam hari.

Jadi, penting sekali membersihkan wajah sebelum tidur. Sekalipun kita merasa tidak ada aktivitas diluar ruangan seharian, membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur tetap menjadi prioritas adanya. 

2 dari 8 halaman

2. Memakai produk kecantikan yang salah

salah produk kosmetikMasalah ini terkait dengan kebiasaan kita yang paling teledor. Yakni mudah percaya dengan perkataan pemasaran produk-produk di iklan. Sangat disarankan bagi kita untuk lebih kritis. Untuk itu, pengetahuan tentang karakter kulit harus kita miliki.

Caranya? Anda dapat melakukan konsultasi kepada dokter kepercayaan Anda. Dokter Anda akan memeriksa kategori dan jenis kulit yang Anda miliki. Kemudiannya, dokter baru akan merekomendasikan tata cara perawatan yang ideal untuk jenis kulit yang Anda miliki. Pasalnya, tiap jenis kulit berbeda-beda perawatannya. Salah perawatan, bisa menjadi masalah baru untuk kesehatan kulit Anda.

Pakailah produk kecantikan sesuai dengan jenis kulit Anda. Hindari juga pemakaian sabun wajah yang mengandung deterjen. Sabun tersebut akan membuat kulit mengalami kekeringan , sehingga semua kandungan minyak alami pada kulit akan hilang.

3 dari 8 halaman

3. Tidak memakai pelembab

pelembabFungsi pelembab adalah melindungi kulit dan memperbaiki tekstur kulit. Sebagian besar pelembab mempunyai cara kerja dengan cara meningkatkan pengikatan dan penyimpanan air. Pada kondisi normal, kandungan air dan tekanan uap epidermis lebih tinggi dari udara sekitarnya, sehingga terjadi penguapan air dari permukaan kulit.

Kulit yang kering dan kurang hidrasi akan membuat wajah terlihat lebih tua dan kusam. Kulit kering terjadi pada keadaan udara yang lembab karena kehilangan air yang berlebihan dari lapisan tanduk, hidrasi yang tidak cukup dari lapisan kulit dibawahnya dan pergerakan udara sekitar Anda.  (Baca: 4 Saran Dokter untuk Memilih Pelembab Kulit)

4 dari 8 halaman

4. Merokok

kulit, rokokMerokok dapat membuat kulit menjadi terlihat tidak sehat. Hal ini dikarenakan:

  • Rokok dapat menghambat produksi kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit elastis dan tampak lebih halus. 
  • Rokok dapat menghambat pembuluh darah yang terletak di permukaan kulit. Fungsi darah dalah mengangkut oksigen keseluruh tubuh, jika terdapat hambatan didalam pembuluh darah otomatis, pengangkutan oksigen keseluruh tubuh juga menjadi terhambat.

Tanpa adanya oksigen dan kolagen, kulit akan mudah mengalami kerutan dan terlihat lebih kusam dan tua. 

5 dari 8 halaman

5. Tidak memakai tabir surya

sunblock, sunburnPemakaian tabir surya sangat dianjurkan saat ini. Hal ini disebabkan paparan sinar matahari dapat merusak kulit, radiasi ultraviolet dapat merusak kulit kapan dan dimanapun kita berada, meskipun berada didalam mobil sinar ultraviolet dapat masuk kedalam kulit, merusak DNA, menghancurkan kolagen dan mengurangi kadar vitamin A didalam tubuh. 

Semakin lama paparan sinar matahari juga dapat membuat kerutan pada kulit, hiperpigmentasi atau spot di wajah dan membuat wajah terlihat lebih tua.

Pilihlah tabir surya yang memiliki perlindungan luas dimana dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.  Minimal gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30.

6 dari 8 halaman

6. Kurangnya asupan cairan kedalam tubuh

air minumSebagian besar dari tubuh kita terdiri dari air. Jadi air adalah sesuatu yang sangat penting untuk kesehatan dan termasuk kecantikan. Kulit akan terlihat sehat jika lapisan luarnya memiliki kandungan air sebanyak 10%. Konsumsi air minimal 8 gelas perhari untuk menjaga hidrasi kulit dan mencegah kulit terlihat kusam. 

Air putih sangat baik untuk kulit karena berfungsi sebagai hidrasi untuk kulit dimana hidrasi ini berfungsi untuk mengurangi garis dan kerutan pada wajah. Air juga membantu sel kulit untuk mengambil lebuh banyak nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu air putih sangat penting untuk sirkulasi darah di kulit yang dapat membuat wajah semakin cerah.

Air menjadi faktor terpenting dalam menjaga kondisi kelembaban kulit. Jika Anda cukup minum air, maka dehidrasi tubuh akan berjalan dengan baik dan kondisi kelembaban kulit menjadi terjaga baik. Hal ini juga menjadi solusi bagi pemilik jenis kulit kering, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan baik. (Baca:Benarkah Harus Minum 8 Gelas Air Sehari?)

7 dari 8 halaman

7. Kurangnya asupan sayur dan buah

Sayur dan buah harus selalu dimasukkan dalam menu makanan Anda setiap harinya. Kandungan vitamin dan mineral didalam sayur dan buah banyak mengandung nutrisi yang baik kulit. 

0 Komentar

Belum ada komentar