Sukses

Keep Smart During Period

Tahun baru, semangat baru. Tentu saja Anda telah memiliki sederet resolusi yang ingin dicapai pada tahun baru ini. Tetapi dalam mewujudkannya, sebagian wanita

Klikdokter.com - Memang terkadang mendapat haid bisa sangat melegakan sekaligus meresahkan. Melegakan, karena jika Anda mengalami haid secara teratur, berarti sistem reproduksi kewanitaan Anda normal.

Meresahkan, karena terkadang saat sebelum dan saat mengalami haid, Anda akan merasakan perubahan hormon yang dapat menyebabkan berubahnya mood setiap saat, mengalami nyeri haid, keputihan, dan lain-lain.

Jarak antar haid dan lamanya haid yang normal bervariasi di setiap perempuan. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi Anda tidak normal, maka besar kemungkinannya Anda akan mengalami beberapa permasalahan seputar haid.

Beragam gangguan kesehatan haid yang ada dapat dikelompokkan menjadi 2 klasifikasi:

  1. Pertama, gangguan yang dipengaruhi faktor hormonal.
    Beberapa masalah yang sering dialami sebagian wanita dan disebabkan oleh faktor hormonal contohnya seperti perubahan mood setiap saat dan keputihan.
  2. Kedua, gangguan yang dipengaruhi faktor anatomi.
    Sedangkan gangguan kesehatan haid yang disebabkan oleh faktor anatomi biasanya berupa nyeri haid dan juga pegal-pegal pada tubuh saat mengalami haid.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan beberapa usaha pencegahan dan penanganannya. Dalam usaha pencegahannya, Anda perlu berolahraga secara teratur minimal tiga kali seminggu, dan makanlah dengan pola makan sehat, yaitu makan dengan porsi tidak terlalu besar namun teratur dan mengandung gizi yang cukup. Selain itu cobalah untuk menghindari stress, karena bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu, ketidakseimbangan ini dapat  menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Untuk menekan risikonya hindarilah terlalu banyak beraktivitas, namun tetap laksanakan olahraga ringan secara teratur dan juga mengonsumsi makanan yang bergizi. Atasi nyeri haid yang Anda alami dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kunyit, karena setelah diuji coba secara klinis, ternyata kunyit memiliki khasiat nyata sebagai pereda nyeri bila dikonsumsi secara teratur.[] (JRA) 

0 Komentar

Belum ada komentar