Sukses

Panduan Memilih Jenis Makanan Rendah Kolesterol

Menu makan yang tepat bisa membuat Anda terhindar dari kolesterol tinggi. Agar tak salah langkah, berikut ini makanan rendah kolesterol yang bisa dijadikan pilihan.

Yakin menu yang Anda konsumsi sehari-hari sudah sepenuhnya terdiri dari makanan rendah kolesterol? Coba perhatikan lagi. Hal ini semata-mata dilakukan agar Anda terhindar dari kolesterol tinggi.

Perlu Anda tahu, kadar kolesterol normal adalah 200 mg/dl. Ketika kadar kolesterol melebihi angka tersebut, pembuluh darah akan dipenuhi oleh tumpukan plak yang dikenal dengan istilah aterosklerosis.

Semakin tebal plak tersebut, semakin tinggi pula risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Hal ini adalah cikal bakal terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Berangkat dari alasan tersebut, Anda sebaiknya mulai memerhatikan menu makan sehari-hari. Anda mesti memastikan bahwa asupan yang dikonsumsi sepenuhnya terdiri dari makanan yang rendah kolesterol.

Artikel Lainnya: 7 Jenis Makanan yang Dapat Memicu Kolesterol Tinggi

1 dari 3 halaman

Tips Memilih Makanan Rendah Kolestrol

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menerapkan pola makan rendah kolesterol:

  • Utamakan Makanan yang Tinggi Serat

Makanan yang tinggi akan serat dapat mencegah sistem pencernaan tubuh dalam menyerap kolesterol. Oleh karena itu, asupan yang satu ini dapat membantu menurunkan risiko terjadinya kolesterol tinggi.

  • Pilih yang Mengandung Lemak Baik

Tidak semua makanan berlemak itu jahat bagi kesehatan. Beberapa makanan mengandung lemak justru memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, lho!

Lemak yang dimaksud di sini adalah HDL (High Density Lipoprotein), yang berperan dalam menurunkan penyempitan pembuluh darah, juga menekan kemungkinan terjadinya penyakit jantung koroner, stroke dan serangan jantung.

Artikel lainnya: 5 Makanan Sehat untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

  • Makan Ikan Dua Kali Seminggu

Terdapat beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan jenis ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

  • Perbanyak Buah dan Sayur

Pastikan separuh piring makan Anda terisi dengan sayur dan buah-buahan. Kedua jenis makanan redah kolesterol ini baik untuk menunjang fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Artikel Lainnya: 9 Makanan untuk Kendalikan Kolesterol

2 dari 3 halaman

Daftar Makanan Rendah Kolestrol

Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah beberapa jenis makanan rendah kolesterol yang dapat Anda jadikan pilihan untuk dikonsumsi sebagai menu sehari-hari:

  1. Ikan Salmon

Salmon adalah jenis makanan rendah kolesterol, yang juga mengandung omega-3 tinggi. Jenis ikan ini dapat dikonsumsi sebanyak dua kali dalam satu minggu. Jangan sampai lupa untuk mengolahnya dengan cara dikukus atau rebus, bukan dengan digoreng.

  1. Legume

Legume adalah jenis makanan rendah kolesterol yang terdiri dari kacang-kacangan, seperti kacang merah, polong dan lentil. Legume kaya akan serat larut yang menurunkan risiko penyakit jantung, lho!

  1. Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak baik dan tinggi serat. Selain baik untuk kesehatan kulit, jenis makanan rendah kolesterol yang satu ini juga bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

  1. Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh adalah salah satu asupan yang mengandung kadar serat tinggi. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, roti gandum utuh baik untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap optimal.

  1. Buah Beri

Tidak hanya tinggi kandungan vitamin dan mineral, buah beri juga tergolong sebagai makanan rendah kolesterol yang dapat membantu menjaga fungsi jantung dan pembuluh darah.

Bahkan, stroberi ―yang merupakan anggota keluarga buah beri― juga mengandung pektin yang bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 10%, lho!

  1. Sayuran Hijau

Jenis makanan rendah kolesterol ini sudah lama dikenal mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, yang salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Beberapa jenis sayuran hijau yang dimaksud, misalnya bayam, sawi, lobak, dan selada.

Mulailah untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan rendah kolesterol. Selain bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, jenis makanan ini juga baik untuk mengoptimalkan fungsi tubuh Anda secara keseluruhan, lho!

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai makanan rendah kolesterol atau masalah kolesterol tinggi itu sendiri, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada tim dokter dari KlikDokter. Klik di sini untuk Live Chat.

(NB)

0 Komentar

Belum ada komentar