Sukses

Pengertian

Venustraphobia atau caligynephobia adalah fobia atau rasa takut yang berlebihan terhadap perempuan cantik. Kata venustraphobia berasal dari kata Roman, yaitu venus yang berarti dewi cinta dan kecantikan. Sedangkan kata caligynephobia berasal dari bahasa Greek, yaitu cali yang berarti cantik dan gyne yang berarti wanita.

Venustraphobia adalah salah satu jenis dari fobia dan merupakan cabang dari gynephobia dan puellaphobia. Gynephobia merupakan fobia atau rasa takut berlebihan pada semua wanita. Sedangkan puellaphobia merupakan fobia atau rasa takut berlebihan pada semua gadis.

Fobia itu sendiri bisa didefinisikan sebagai rasa takut yang berlebihan dan tidak bisa dikendalikan oleh penderitanya, terhadap suatu objek, situasi, atau aktivitas. Rasa takut tersebut sebenarnya tidak dipicu oleh hal yang benar-benar menakutkan atau mengancam keselamatan penderita. Fobia sering disebut sebagai rasa takut yang tidak rasional dan melumpuhkan.

Sebuah penelitian mengatakan, diperkirakan sekitar 0,47 persen pria di Inggris dan 0,61 persen pria di Amerika terserang venustraphobia. Penderita biasanya berasal dari kalangan menengah ke atas.

Penyebab

Penyebab pasti dari venustraphobia masih belum diketahui. Namun fobia ini kemungkinan besar disebabkan oleh trauma psikologis berkaitan dengan wanita cantik di masa kecil penderita. Misalnya kekerasan yang dilakukan oleh wanita cantik yang lebih tua. Selain itu trauma lain seperti menjadi korban patah hati dengan wanita cantik berulang kali juga dapat menjadi penyebab venustraphobia.

Para psikolog juga berpendapat bahwa perasaan tidak percaya diri atau rendah diri berlebihan, perasaan takut ditolak, takut tidak diterima, atau takut gagal membina hubungan juga merupakan penyebab dibalik fobia wanita cantik ini.

Diagnosis

Dokter atau psikolog dapat menentukan diagnosis venustraphobia dari hasil wawancara medis mendetail mengenai gejala fobia yang dirasakan penderitanya terhadap wanita cantik.

Gejala

Gejala venustraphobia dapat berbeda-beda pada masing-masing penderita. Tanda yang muncul bergantung tingkat keparahan rasa takut, karakteristik masing-masing orang, dan status mental orang.

Gejala venustraphobia pada dasarnya sama seperti gejala penderita fobia pada umumnya. Tanda-tandanya yang muncul ketika melihat atau berdekatan dengan wanita cantik meliputi:

  • sesak nafas
  • nafas menjadi cepat
  • detak jantung berdebar-debar
  • keringat dingin
  • tubuh gemetar
  • mual
  • perasaan takut secara menyeluruh
  • panik

Pengobatan

Penderita venustraphobia bisa disembuhkan. Terdapat beberapa pilihan metode pengobatan, yaitu:

  • hipnoterapi

Hipnoterapi adalah terapi yang diberikan kepada penderita dalam kondisi hipnosis. Hipnosis artinya suatu kondisi pikiran di mana fungsi logis pikiran direduksi sehingga penderita dapat masuk ke dalam kondisi bawah sadar. Hal ini membuat alam bawah sadar penderita dapat diprogram ulang. Fobia akan diprogram ulang sehingga gejala ketakutan ditekan seminimal mungkin.

  • neuro-linguistic programming

Terapi neuro-linguistic programming dilakukan dengan menggunakan kekuatan imajinasi untuk memprogram ulang rasa takut si penderita.

  • energy psychology

Energy psychology merupakan terapi pemulihan yang menggabungkan berbagai macam bentuk pemulihan terhadap fobia.

Pencegahan

Mencegah venustraphobia dapat dilakukan dengan menghindari adanya trauma psikologis terutama pada wanita cantik.