Sukses

Pengertian Nyeri Pergelangan Tangan

Nyeri pergelangan tangan sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan gejala dari beberapa penyakit. Di daerah pergelangan tangan terdapat tulang, jaringan ikat, dan tendon. Bila salah satu dari ketiga hal tersebut terganggu, keluhan nyeri pergelangan tangan dapat terjadi.

Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Ada banyak penyakit yang dapat menyebabkan keluhan nyeri pergelangan tangan, namun yang tersering adalah:

  • Sindrom terowongan karpal. Penyakit yang menyebabkan adanya penekanan saraf di pergelangan tangan, biasanya sering dialami oleh ibu rumah tangga, orang yang sering mengetik di komputer, pengendara motor.
  • Osteoartritis. Penyakit akibat penuaan yang menyebabkan tulang rawan sendi berkurang sehingga tulang bergesekan dan menimbulkan nyeri. Penyakit ini biasanya diderita oleh orang tua, terutama kaum wanita.
  • Penyakit De Quarvain. Penyakit ini ditandai dengan peradangan tendon otot.
  • Sprain. secara awam, disebut sebagai keseleo.

Nyeri Pergelangan Tangan

Diagnosis Nyeri Pergelangan Tangan

Bila ada keluhan nyeri pergelangan tangan, ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan dokter, yaitu pemeriksaan radiologi seperti foto rontgen, CT scan, atau MRI tergantung penyakit apa yang diduga dialami.

Bila diduga gangguan sendi yang menjadi penyebab nyeri pergelangan tangan, maka terkadang perlu dilakukan pemeriksaan artroskopi. Pemeriksaan artroskopi merupakan pemeriksaan yang dilakukan dengan cara memasukkan kamera ke dalam sendi untuk melihat apakah terdapat peradangan di sendi.

Gejala Nyeri Pergelangan Tangan

Selain rasa nyeri pada pergelangan tangan, gangguan pada otot, tendon, atau saraf di pergelangan tangan dapat menimbulkan gejala kaku, kesulitan memegang barang dengan tangan, atau ada bunyi ‘klik’ saat menggerakkan pergelangan tangan.

Pengobatan Nyeri Pergelangan Tangan

Pengobatan nyeri pergelangan tangan tergantung pada penyebab dan keparahan penyakitnya. Namun umumnya nyeri pergelangan tangan dapat diatasi di rumah dengan cara mengistirahatkan pergelangan tangan, mengompres daerah yang nyeri dengan air dingin atau es, dan mengonsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.

Pada beberapa kasus, pembebatan pergelangan tangan (wrist splint) juga perlu dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengistirahatkan pergelangan tangan untuk sementara. Bila pengobatan yang dilakukan tidak memperbaiki keluhan, kadang operasi dibutuhkan.

Pencegahan Nyeri Pergelangan Tangan

Untuk mencegah nyeri pergelangan tangan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Gunakan kursi dan meja yang nyaman saat bekerja agar pergelangan tangan dalam posisi relaksasi.
  • Jangan menggunakan pergelangan tangan secara berlebihan, istirahatkan pergelangan tangan secara berkala.
  • Bila berolahraga, gunakan pelindung pergelangan tangan.