Sukses

Pengertian Tapros

Tapros merupakan obat yang mengandung leuprorelin. Leuprorelin berfungsi untuk terapi kanker prostat dengan metastasis, endometriosis genital & ekstragenital (stadium I-IV), kanker payudara pada wanita pra & peri menopause yang diindikasikan untuk menjalani terapi endokrin. Leuprorelin bekerja dengan cara mengurangi jumlah testosteron yang diproduksi tubuh sehingga dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker dan membantu meredakan gejala seperti sulit atau sakit saat buang air kecil.

Keterangan Tapros

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Terapi Hormon
  • Bentuk: Serbuk Kering
  • Kandungan: Leuprorelin Acetat 37.5 mg; Leuprorelin Acetat 1.88 mg
  • Satuan Penjualan: Vial @ 37.5 mg; Vial @ 1.88 mg
  • Kemasan: Vial
  • Farmasi: Takeda Indonesia

Kegunaan Tapros

Tapros  digunakan untuk terapi kanker prostat dengan metastasis, endometriosis genital & ekstragenital (stadium I-IV), kanker payudara pada wanita pra & peri menopause yang diindikasikan untuk menjalani terapi endokrin

Dosis & Cara Penggunaan Tapros

Tapros merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan tapros juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

  1. Kanker prostat dan payudara
    injeksi sub kutan (disuntikkan bdiwah kulit) selama 4 minggu
  2. Endometriosis (jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim (endometrium) tumbuh dan menumpuk di luar rahim)
    Dewasa 1 injeksi SK/IM 1 x tiap 4 minggu untuk periode selama hanya 6 minggu;
  3. Pubertas prekoks (pubertas dini) sentral 30 mcg/kg SK 1 x tiap 4 minggu dosis dapat ditingkatkan hingga 90 mcg/kg.

Efek Samping Tapros

Efek samping yang mungkin terjadi apabila mengkonsumsi tapros adalah rasa panas & kemerahan pada wajah, rasa hangat, kekakuan pada bahu, sakit kepala, insomnia, pusing, nyeri tulang dan sendi

Kontraindikasi:
Pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap leuprorelin acetat

Kategori Kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Tapros ke dalam Kategori X:
Studi pada hewan atau manusia telah menunjukkan kelainan pada janin atau ada bukti risiko pada janin berdasarkan pengalaman manusia. Risiko penggunaan obat ini pada wanita hamil jelas melebihi manfaat yang diharapkan. Obat ini dikontraindikasikan pada wanita hamil dan wanita usia subur yang memiliki kemungkinan hamil.

Artikel
Penyakit Terkait