HomeInfo SehatTHTPenyebab Upil Menumpuk saat Bangun Tidur
THT

Penyebab Upil Menumpuk saat Bangun Tidur

Zahra Aminati, 30 Jun 2021

Ketika bangun tidur, kotoran hidung atau upil Anda selalu menumpuk. Kira-kira apa penyebab upil menumpuk saat bangun tidur? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Upil Menumpuk saat Bangun Tidur

Kebiasaan bangun tidur setiap orang berbeda-beda. Setelah bangun tidur, ada yang langsung ngulet, membersihkan tempat tidur, bahkan ngupil!

Mengupil refleks dilakukan karena beberapa orang merasa tidak nyaman akibat kotoran hidung yang menumpuk selama tidur. Lantas, apa yang menyebabkan upil menumpuk di pagi hari?

1. Infeksi Hidung

Infeksi bakteri dan virus dapat membuat hidung menghasilkan lendir yang berlebih.  Lendir berfungsi menjebak dan mengeluarkan bakteri penyebab infeksi.

Lendir tersebut dapat keluar dan menumpuk di hidung pada malam hari. Saat tidur, lendir bisa mengering dan menumpuk menjadi upil di pagi hari.

Artikel Lainnya: Waspada, Sembarang Mengupil Bisa Sebabkan Kematian

2. Polusi

Polusi juga bisa menjadi penyebab seseorang bangun tidur dengan hidung penuh upil. Partikel polusi sangat ringan dan dapat masuk ke kamar tidur melalui celah-celah jendela atau ventilasi.

Ketika Anda tidur atau berada di lingkungan yang penuh polusi, hidung akan mengeluarkan lendir untuk menjebak polusi tersebut. Maka tak heran bila saat bangun tidur hidung Anda dipenuhi dengan lendir yang mengering atau upil.

3. AC yang Kotor

Sama seperti polusi, air conditioner (AC) yang kotor juga bisa menjadi penyebab hidung penuh kotoran di pagi hari. AC berperan mengisap udara panas di sekitar ruangan dan mengeluarkan udara dingin.

Udara panas yang masuk ke dalam AC bisa menumpuk dan membuat udara yang dikeluarkan justru menjadi kotor. Ketika dihirup oleh sistem pernapasan, kotoran udara dapat disaring hidung dan berubah menjadi upil.

Oleh karena itu, AC Anda perlu dilengkapi dengan filter High Efficiency Particulate Air (HEPA). Selain itu, penting untuk selalu mengganti filter AC secara teratur agar tidak ada penumpukan bakteri, debu, atau jamur di dalamnya.

Artikel Lainnya: Mengenal Anatomi dan Fungsi Hidung Manusia

4. Seprai yang Kotor

Seprai yang kotor bisa menyebabkan upil menumpuk saat bangun tidur. Sebab, seprai kasur banyak mengandung sel kulit mati, keringat, air liur, kotoran serta debu yang dapat menyebabkan hidung teriritasi lalu mengeluarkan lendir.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengganti seprai paling tidak seminggu sekali.

Itu dia penyebab upil menumpuk saat bangun tidur. Dokter Dyah Novita Anggraini menyarankan, “Oleh karena itu, kalau sering upilan selain lagi pilek, ya, perlu dibersihkan rutin AC, jendela, tirai, seprai.”

Untuk tahu informasi seputar kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter secara langsung menggunakan fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

Artikel Terkait

Lihat Semua
Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi

Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi

THT23 Jul 2022

Polip hidung yang menyumbat sinus dapat disembuhkan dengan beberapa jenis obat. Berikut 6 cara mengobati polip hidung tanpa operasi yang perlu kamu ketahui.

Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Radang Tenggorokan

Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Radang Tenggorokan

THT15 Jul 2022

Radang tenggorokan memang bisa sangat mengganggu. Berikut adalah daftar makanan yang dianjurkan saat kamu mengalami radang tenggorokan.

Gejala Radang Tenggorokan yang Berbahaya

Gejala Radang Tenggorokan yang Berbahaya

THT17 Jun 2022

Radang tenggorokan yang berbahaya menyebabkan sejumlah gejala, seperti sulit bernapas hingga adanya darah pada dahak. Ketahui 8 ciri ciri radang tenggorokan yang sudah parah di sini.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert