HomeInfo SehatReproduksi10 Cara Mengobati Tuba Falopi Tersumbat Secara Alami
Reproduksi

10 Cara Mengobati Tuba Falopi Tersumbat Secara Alami

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 04 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Terdapat sejumlah cara alami yang dianggap dapat mengatasi tuba falopi yang tersumbat. Namun, apakah cara-cara tersebut aman dan efektif? Berikut ini fakta lengkapnya.

10 Cara Mengobati Tuba Falopi Tersumbat Secara Alami

Tuba falopi adalah organ menyerupai pipa yang terletak di saluran reproduksi wanita. Organ tersebut adalah penghubung antara rahim dan indung telur (ovarium). Keberadaan dan perannya penting dalam proses kehamilan.

Dalam beberapa kasus, tuba falopi dapat tersumbat. Kondisi ini biasanya terjadi karena peradangan panggul, hidrosalping (sumbatan cairan), atau perlengketan (adhesi) akibat tindakan medis sebelumnya.

Tuba falopi yang tersumbat dapat membuat wanita lebih sulit hamil. Namun, tidak perlu panik. Pasalnya, tuba falopi yang tersumbat bukanlah akhir dari segalanya. 

Ada sejumlah cara mengobati tuba falopi tersumbat secara alami yang konon bisa membantu, seperti: 

1. Vitamin C

Jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat, vitamin C diduga bisa mengurangi peradangan panggul yang merupakan penyebab tuba falopi tersumbat.

Meski demikian, kamu tetap harus berhati-hati saat hendak mengonsumsi vitamin C. Pasalnya, konsumsi vitamin C dalam dosis berlebih dapat meningkatkan risiko asam lambung dan diare. 

2. Kunyit

Kunyit memang punya banyak khasiat, termasuk untuk kesehatan reproduksi. Ini berkat kandungan kurkuminnya yang telah terbukti dapat mengurangi peradangan. 

Atas dasar itu, konsumsi kunyit secara rutin dan dalam dosis yang tepat disinyalir bisa mengobati tuba falopi tersumbat secara alami. 

Artikel Lainnya: Tips Cepat Hamil yang Terbukti Efektif

3. Jahe

Jahe mengandung banyak zat penting, termasuk gingerol. Senyawa ini merupakan agen antioksidan dan antiperadangan. 

Dengan mengonsumsinya secara rutin dan dalam dosis yang sesuai, jahe diduga dapat membantu mengatasi sumbatan pada tuba falopi. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasinya. 

4. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih disebut-sebut bisa menjadi cara mengobati tuba falopi tersumbat secara alami. Pasalnya, bawang putih mengandung senyawa antiperadangan. 

Oleh karena itu, bumbu dapur ini dipercaya bisa membantu menangani peradangan panggul. Peradangan panggul merupakan salah satu penyebab tuba falopi tersumbat.

5. Ginseng

Mirip dengan bawang putih, ginseng juga punya senyawa yang berperan sebagai agen antiperadangan. Beberapa teori menyatakan bahwa konsumsi ginseng secara rutin dapat membantu menanggulangi peradangan, termasuk yang terjadi di panggul.

Selain itu, ginseng dipercaya mampu meningkatkan kesuburan walaupun belum ada bukti penelitiannya yang jelas. 

6. Kompres Hangat pada Vagina

Apakah kamu pernah melakukan kompres hangat pada vagina? Cara ini dianggap bisa merelaksasi otot dan jaringan di sekitar organ kewanitaan. Hal tersebut diduga dapat membantu meringankan, bahkan mengatasi tuba falopi tersumbat. 

Kendati demikian, belum ada penelitian yang mampu membuktikannya. Jadi kamu tak boleh melakukannya sembarangan karena bisa berisiko terbakar atau infeksi.

Artikel Lainnya: Mungkinkah Hamil Lagi Walau Rahim Turun?

7. Yoga

Konon, melakukan yoga bisa menjadi salah satu cara mengobati penyumbatan tuba falopi secara alami. Yoga merupakan olahraga relaksasi yang terbukti dapat menurunkan kadar stres. 

Dengan kadar stres yang lebih rendah, otot-otot di sekujur tubuh juga dapat berfungsi lebih maksimal. Kondisi tersebut diperkirakan berpengaruh positif pada fungsi tuba falopi.

8. Olahraga 

Seberapa rutin dan teraturkah kamu berolahraga? Olahraga juga dipercaya dapat memperbaiki tuba falopi yang tersumbat.  

Namun, pada sebuah studi tahun 2012 terhadap 3.628 wanita menunjukkan bahwa olahraga akan meningkatkan kesuburan namun tidak dapat memperbaiki tuba falopi yang tersumbat.

9. Mengurangi Konsumsi Alkohol 

Salah satu cara yang katanya dapat mengobati tuba falopi tersumbat secara alami adalah mengurangi konsumsi alkohol.

Memang belum ada studi yang menunjukkan keterkaitan antara tuba falopi yang tersumbat dengan konsumsi alkohol. Namun, apabila kamu ingin hamil sebaiknya hentikan konsumsi alkohol. 

10. Meditasi 

Sama halnya dengan yoga, meditasi juga memiliki efek untuk mengurangi stres. Kamu dapat mencoba meditasi untuk merasa lebih relaks dan meningkatkan kadar kesuburan. 

Mulailah bermeditasi selama 5 menit setiap harinya, lalu tingkatkan perlahan menjadi 10 menit per hari dan seterusnya. Hal ini akan membantu untuk membuatmu lebih sehat, secara fisik dan jiwa. 

Artikel Lainnya: Ukuran Rahim Kecil, Apakah Bisa Hamil? Ini Faktanya

Itu dia cara-cara mengobati tuba falopi yang tersumbat secara alami. Sayangnya, cara-cara tersebut masih bersifat spekulasi alias belum dapat dibuktikan secara medis. 

Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Cara terbaik untuk mengatasi penyumbatan tuba falopi adalah dengan tindakan medis, misalnya operasi laparoskopi. Penyumbatan tuba falopi dapat sembuh tergantung dari penyebabnya dan perlu dikonsultasikan kepada dokter. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai topik ini? Kamu dapat bertanya kepada dokter secara online melalui fitur Tanya Dokter. Jangan lupa untuk selalu #JagaSehatmu, ya.

[RS]

Kesehatan ReproduksiKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter