HomeInfo SehatGigi MulutMemutihkan Gigi dengan Daun Salam, Apakah Efektif?
Gigi Mulut

Memutihkan Gigi dengan Daun Salam, Apakah Efektif?

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 04 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Daun salam dipercaya bisa membantu memutihkan gigi secara alami. Benarkah demikian? Simak cara memutihkan gigi dengan daun salam di sini.

Memutihkan Gigi dengan Daun Salam, Apakah Efektif?

Pada umumnya, berbagai jenis buah dan daun tanaman di Indonesia dapat digunakan untuk bermacam hal, mulai dari bahan makanan hingga menjadi obat alami.

Salah satu tumbuhan yang digunakan sebagai bahan masakan sekaligus sebagai pengobatan, yaitu daun salam.

Umumnya, masyarakat memanfaatkan daun tumbuhan ini untuk mengatasi asam urat. Namun ternyata, daun salam juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

Benarkah anggapan tersebut? Lalu, bagaimana cara memutihkan gigi dengan daun salam? Simak faktanya berikut ini.

Apakah Daun Salam Bisa Memutihkan Gigi?

Sebelum mengetahui cara memutihkan gigi dengan daun salam, kamu harus tahu jika ada sejumlah bahan alami yang dianggap mampu memberikan khasiat ini.

Jika kamu ingin memutihkan gigi secara alami, sudah banyak sekali tanaman yang dianggap bisa mendatangkan khasiat ini. Salah satu contohnya adalah stroberi.

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi buah stroberi mengakibatkan terjadinya perubahan warna gigi menjadi lebih putih.

Artikel Lainnya: Memutihkan Gigi Menggunakan Stroberi Malah Bikin Gigi Ngilu?

Selain buah stroberi, beberapa masyarakat juga mempercayai bahwa daun salam dapat memberikan khasiat serupa dalam memutihkan gigi. Namun, apakah daun salam bisa memutihkan gigi?

Anggapan tersebut memang telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada penelitian yang betul-betul menyatakan dengan pasti khasiat daun salam untuk memutihkan gigi.

Cara Memutihkan Gigi dengan Daun Salam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, belum ada bukti langsung yang menyatakan bahwa daun salam bisa memutihkan gigi. Oleh karena itu, cara memanfaatkan daun tumbuhan ini pun masih belum diketahui secara pasti.

Namun, pada umumnya pemanfaatan daun salam untuk obat biasanya cukup dengan direbus bersama air putih. Setelah itu, rebusan air tersebut dikonsumsi sehari sekali, utamanya saat pagi hari.

Artikel Lainnya: Memutihkan Gigi Menggunakan Kulit Jeruk, Ini Caranya

Sebagian masyarakat juga melakukan cara yang sama untuk memperoleh manfaat daun salam untuk memutihkan gigi.

Selain itu, cara memutihkan gigi dengan daun salam bisa juga dengan melakukan proses ekstraksi terlebih dahulu. Cara ini dianggap dapat memaksimalkan khasiat daun salam itu sendiri.

Ekstraksi daun salam biasanya akan dilakukan dengan mencampurkan bahan tertentu. Ini dilakukan untuk lebih memaksimalkan potensi kandungan yang dimiliki daun atau tersebut.

Jadi, cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan khasiat daun salam untuk memutihkan gigi ada dua, yakni dengan mengonsumsi secara langsung, atau dengan melakukan ekstraksi terlebih dahulu.

Itu dia penjelasan seputar daun salam yang disebut-sebut berkhasiat untuk memutihkan gigi. 

Sebelum menggunakan herbal tertentu untuk alasan medis apa pun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi efek samping yang mungkin terjadi.

Chat dokter online lebih mudah lewat Live Chat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Mari #JagaSehatmu selalu!

[WA]

Gigi dan MulutDaun Salam

Konsultasi Dokter Terkait