HomeInfo SehatPernapasanBatuk Hingga Kelelahan, Apakah Tanda Bronkitis?
Pernapasan

Batuk Hingga Kelelahan, Apakah Tanda Bronkitis?

Tri Yuniwati Lestari, 29 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Batuk hingga kelelahan disebut sebagai salah satu gejala bronkitis. Benarkah demikian? Cari tahu di sini.

Batuk Hingga Kelelahan, Apakah Tanda Bronkitis?

Bronkitis adalah penyakit umum yang dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau iritan tertentu. Penyakit ini dibagi menjadi 2, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Gejala pada tipe akut akan berlangsung singkat, sementara kronis akan berlangsung selama bertahun-tahun. 

Kedua tipe tersebut juga disebut-sebut membuat penderitanya mengalami batuk hingga kelelahan. Lantas, apakah batuk hingga kelelahan sudah pasti merupakan gejala bronkitis? Simak penjelasan dari dokter berikut ini. 

Batuk hingga Kelelahan Bisa Jadi Tanda Bronkitis

Bronkitis adalah suatu kondisi yang terjadi ketika iritasi atau infeksi menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada lapisan saluran bronkial, yakni tabung yang membawa udara ke dan dari paru-paru. 

Saat selaput bronkus yang teriritasi membengkak dan menjadi lebih tebal, saluran udara kecil di paru-paru Anda menjadi terbatas.

Peradangan pada dinding bronkus menyebabkan produksi lendir berlebih, sehingga dapat menyumbat bronkus dan membatasi aliran udara ke paru-paru lebih lanjut.

Tidak hanya itu, lendir yang berlebih juga dapat memicu batuk, gejala bronkitis yang paling umum. Jika batuk terus-menerus terjadi, itu dapat membuat Anda merasa sangat lelah. Kelelahan juga sering terjadi jika bronkitis disebabkan oleh infeksi virus.

Dijelaskan oleh dr. Reza Fahlevi, Sp.A., bronkitis dapat menyebabkan batuk yang berat hingga nyeri. Jadi, memang betul bahwa bronkitis bisa sampai membuat pasien kelelahan. 

Biasanya, bronkitis yang membuat penderitanya merasa sangat lelah adalah bronkitis akut. Alasannya, penderita akan mengalami batuk terus-menerus hingga mengganggu waktu tidur. Kurang tidur pun akan memicu rasa lelah dan tidak bertenaga.

Kurang tidur karena batuk dapat menghambat fungsi kekebalan. Pada gilirannya, kondisi tersebut bisa memperlambat pemulihan, menyebabkan batuk, dan gejala lain yang bertahan lebih lama.

Di samping itu, bronkitis akut yang disebabkan oleh infeksi dan bukan karena iritasi juga akan picu kelelahan. Hal ini terjadi karena penderitanya menggunakan energi lebih banyak untuk melawan infeksi dan memulihkan diri.

Kelelahan pada penderita penyakit ini biasanya berlangsung hingga semua gejala hilang, sekitar beberapa hari hingga beberapa minggu. 

Jika kelelahan berlanjut lebih lama, bahkan ketika batuk sudah hilang, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Mungkin saja, itu merupakan tanda kondisi medis lain atau terjadi infeksi sekunder.

 

Cara Mengatasi Kelelahan Akibat Bronkitis

Dikatakan oleh dr. Reza, jika kelelahan Anda terjadi karena batuk yang diinduksi dari bronkitis, perawatan paling tepat adalah mengobati bronkitis itu sendiri. Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Artikel Lainnya: Obat Alami untuk Meredakan Gejala Bronkitis

Sementara itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu tubuh pulih lebih cepat dan mengurangi kelelahan akibat bronkitis. Di antaranya:

1. Banyak Istirahat

Tubuh membutuhkan banyak energi untuk melawan infeksi. Jadi, penting untuk tidak terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas sepanjang hari. Hal ini supaya Anda tidak merasa lebih lelah, sehingga pemulihan tidak terhambat.

Tidur sangat penting untuk pemulihan. Jika batuk atau lendir yang tersumbat menghalangi Anda untuk tidur nyenyak, cobalah mengangkat kepala, leher, dan bahu dengan satu atau dua bantal tambahan agar memudahkan Anda bernapas.

2. Minum Banyak Cairan

Dehidrasi tidak hanya memperlambat pemulihan dari bronkitis, tetapi juga menguras energi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap terhidrasi dengan baik. 

Artikel Lainnya: Punya Gejala Mirip, Ini Beda Asma dan Bronkitis

Menghindari dehidrasi juga akan membantu menjaga lapisan saluran bronkial Anda tetap lembab. Di samping itu, memenuhi asupan cairan akan mengurangi iritasi dan episode batuk yang dapat membuat lelah. 

3. Makan-Makanan yang Sehat

Menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat sangat dianjurkan untuk Anda yang memiliki bronkitis. Saat merasa sangat lelah, Anda mungkin tidak ingin makan apa pun. Meski begitu, penting untuk makan supaya Anda mampu membangun kekuatan tubuh.

Apabila bronkitis disebabkan oleh infeksi, tubuh dapat kehilangan nutrisi penting dan vitamin. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembalikannya lewat konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah buahan.

Selain makan makanan sehat, Anda juga perlu membatasi makanan manis atau berlemak. Makanan ini berdampak negatif pada respons kekebalan tubuh. Ditambah lagi, keduanya lebih sulit dipecah oleh sistem pencernaan, sehingga menyebabkan tubuh menggunakan energi yang dibutuhkan untuk pemulihan. 

Itu dia tadi penjelasan terkait gejala batuk pada penderita bronkitis yang sebabkan kelelahan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, gunakan fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(PUT/NM)

Referensi:

  • Wawancara dr. Reza Fahlevi, Sp.A
  • Healthline. Diakses 2022. What Are the Symptoms of Bronchitis?
  • WebMD. Diakses 2022. A Visual Guide to Understanding Bronchitis
  • Cleveland Clinic. Diakses 2022. Bronchitis
Batuk-batukBronkitis

Konsultasi Dokter Terkait